Pemilihan Duta Wisata Bersujud Kabupaten Tanah Bumbu 2024 Memasuki Tahap Karantina

Tanah Bumbu, sorottipikor.com

Pemilihan Duta Wisata Bersujud Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) Tahun 2024 semakin mendekati puncaknya dengan dimulainya tahap karantina bagi 30 peserta terbaik. Sejak Minggu, 21 Juli 2024, Dinas Budparpora Tanah Bumbu telah menggelar seleksi di Gedung PKK (Kapet), Kecamatan Simpang Empat, yang kini berlanjut ke karantina di Hotel Ebony Batulicin sejak Kamis, 1 Agustus 2024.

Dalam acara pembukaan karantina, Kepala Dinas Budparpora Tanah Bumbu, H. Syamsuddin, menyampaikan bahwa tahun ini, pemilihan lebih menitikberatkan pada kepribadian peserta. “Konsepnya kita menekankan kepada kepribadian. Karena ketika kepribadian bagus, attitude bagus, maka prestasi itu akan mengikut. Maka dari itu kita perkuat semuanya itu dalam bentuk kegiatan seperti hari ini,” ujarnya.

Ia berharap, setelah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan karantina, para peserta dapat menjadi pemuda-pemudi yang bermanfaat serta beriman dan bertaqwa. “Hasil yang diperoleh dari karantina beberapa hari ini pada intinya adalah mereka menjadi pemuda-pemudi yang berguna bagi bangsa dan negara serta beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT,” tambahnya.

Selain memperkenalkan wisata, budaya, dan adat istiadat, Syamsuddin juga berharap para pemuda-pemudi Tanah Bumbu dikenal sebagai individu yang beradab dan sopan santun. “Kami ingin pemuda-pemudi Tanah Bumbu tidak hanya pintar dan berprestasi, tetapi juga berkepribadian baik,” jelasnya.

Kepala Bidang Pengembangan Wisata dan Ekonomi Kreatif, Eddy Sukhrawardi, yang juga Ketua Panitia, mengungkapkan peningkatan kualitas peserta tahun ini. “Tahun ini banyak peserta yang berpendidikan dari universitas-universitas di Banjarmasin, sedangkan sebelumnya lebih banyak dari anak-anak sekolah. Ini menunjukkan peningkatan kualitas peserta,” tuturnya.

Selama masa karantina, peserta akan mendapatkan pelatihan pengembangan diri, termasuk public speaking, etika, kepemimpinan, pengetahuan budaya, wisata, hingga produk ekonomi kreatif. Kegiatan karantina akan berlangsung selama tiga hari, dan malam grand final akan digelar pada 3 Agustus 2024 di Taman Education Park, Kecamatan Simpang Empat.

Kepada seluruh peserta, manfaatkanlah setiap pembekalan yang diberikan dan jadikan pengalaman ini sebagai sarana untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Ingatlah selalu untuk menjaga sikap dan adab dalam setiap situasi. Semoga Anda dapat menjadi duta wisata yang tidak hanya mengenalkan keindahan dan kekayaan budaya Tanah Bumbu, tetapi juga menjadi teladan bagi generasi muda lainnya.

Kepada masyarakat Tanah Bumbu, mari kita dukung para pemuda-pemudi kita dalam ajang ini dan doakan mereka agar dapat memberikan yang terbaik. Dukungan dan perhatian kita sangat berharga dalam mencetak generasi yang berkualitas dan berakhlak mulia,” pungkas Syamsuddin.

Dengan semangat dan antusiasme yang tinggi, mari kita sambut Pemilihan Duta Wisata Bersujud Tanah Bumbu 2024 ini sebagai momentum untuk menunjukkan potensi terbaik Tanah Bumbu di kancah nasional.(Indra)

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *