Disaksikan Camat 11 Desa Di Kecamatan Pondok Salam Bagikan Bantuan Sosial Tunai (BST) Berjalan Lancar

Purwakarta,–Sorottipikor. Com l Akibat Pendemi COVID-19 yang melanda Negeri kita, banyak dampak yang dirasakan masyarakat terutama terkait perekonomian masyarakat oleh karena itu 11 Kepala Desa yang berada di Kecamatan Pondoksalam yaitu Desa Salem, Parakansalam, Galudra, Gurudug,Pondokbungur,Situ,Sukajadi,Bungurjaya,Salamjaya,Salammulya menyerahkan Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kemensos kepada Masyarakat Desa Tersebut (09/06/2020).

Saat memberikan arahan Kepala Kecamatan Pondoksalam Heru Aprianto menjelaskan ada 2 cara penyaluran Bantuan Sosial Tunai ( BST ) yakni melalui PT.Pos Indonesia dan perbankan. “Ada 4 Bank yang bekerja sama dengan Kemensos untuk penyaluran bantuan ini,” tegasnya.

Ke empat Bank tersebut ialah BTN, Bank Mandiri, BRI, dan BNI. “Untuk penyaluran BST melalui kantor Pos Indonesia Purwakarta sudah dilakukan, tapi yang dari perbankan kami belum mendapat laporan,” tambah Heru

Saat ditanya tentang data Keluarga Penerima Manfaat (KPM) , Heru menyatakan bahwa data penerima bukan menjadi kewenangan pihak PT. Pos Indonesia.

“Kami hanya mendapat penugasan dari Kemensos untuk menyalurkan bantuan tersebut, masalah data jadi domain Kemensos dan Dinsos masing – masing Kabupaten/Kota,

Terkait BST, Berdasar laman resmi Kemensos, surat Dirjen penanganan fakir miskin nomor 1432 tanggal 17 April 2020, tentang Alokasi pagu penerima bantuan sosial menyebutkan bahwa usulan calon penerima Bansos tunai dari non DTKS merupakan keluarga yang terdampak covid-19 yang dinilai layak menerima bantuan dengan di lengkapi data seperti BNBA, NIK dan nomor handphone.

Saya harap seluruh masyarakat Desa yang menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) maupin Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa ini benar-benar di manfaatkan sesuai kebutuhan mengingat kita belum tau kapan dampak virus Corona ini akan berahir.

Kurang Lebih sebanyak 1.484 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang akan menerima bantuan,dengan jumlah Rp. 600.000,-(Enam Ratus Ribu Rupiah) per bulan selama 3 bulan April, Mei, Juni.

Di tempat yang sama salah satu masyarakat yang enggan disebut namanya mengungkapkan saya berterima kasih banyak kepada semua aparatur Desa dan Kecamatan yang telah membantu pembagian bantuan ini sampai berjalan dengan lancar dan tepat sasaran. “ujarnya

(Ram / Tim)

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published.