Perlu Di Gali Wisata Alam dan Cagar Budaya Cidokom Rumpin Ciampea

Bogor Kabupaten – sorotipikor.com | Cidokom Rumpin di Kabupater Bogor mungkin untuk masyarakat luar tidak familier dengan nama itu. Desa bernuasa diliputi gunung kapur dengan udara masih Asri ternyata menyimpan pototensi alam yang tersembunyi serta Situs Cagar Budaya yang perlu dilestarikan.

Tidak sedikit orang yang berdatangan dari tempat jauh untuk berjiarah ketempat makom para Alim Ulama yang di nyakininya dapat memberikan karomah, serta tempat wisata alam berupa Curug ,

Setu yang mungkin kurang di perhatikan oleh masyarakat setermpat yang merupakan potensi wisata yang bisa membangkitkan perekonomian masyarakat. Hanya sentuhan orang yang peduli yang memiliki kretipitas yang tingggi Cidokom akan berkembang menjadikan daerah potensi untuk mengangkat perekonomian daerah bahkan nasional. Seperti di pemaparan Ketua Rw 4 Bapak Yanto mengatakan ,

” di desa kami sekitar masih tersimpan banyak potensi alam dan situs alam atau cagar budaya yang perlu digali, Kata Bapak Yanto. Khususnya di tempatkami di Kampung Syiang Rt 1/3 ada potensi alam berupa curug yang bisa di olah menjadi tempat wisata setidaknya dapat menghidupkan perekonomian masyarakat, dan juga ada cagar budaya yang perlu di rawat keberadaanya yang mungkin bisa di jadikan wisata rerigi. harapan kedepan pemerintah setempat serta ada yang melirik tempat kami ini para investor untuk mengembangkan kampung kami dan bisa meningkatkan tarap hidup masyarakat khususnya Kampung Syiang , kata Yanto.

Bapak Ade Nasim juri Kunci Makom Kramat Syiang menerangkan, Alhamdulillah yang berjiarah cukup banyak tak terhitung , yang anehnya yang mengetahui orang orang jauh bahwa di Kampung Syiang ini ada makam yang di Keramatkan, tutur Juru Kunci Makam. Asal – usulnya dari timur Embah Raja Singa Jiwa, Semang Bara, Suging Sukma Dijaya 2 ,

harapan saya agar makam keramat ini dijadikan situs cagar budaya untuk di jadikan sejarah sebagai pengetahuan anak cucu kita kelak dan di jadikan obyek wisata Religius , kata Ade Nasim.

Sertu Eko Babinsa Keluhan Cidokom mengatakan, Saya selaku Babinsa wilayah Cidokom, kebetulan di wilayah ini banyak potensi alam dan situs cagar budaya yang sipatnya wisata dan wisata religi pun ada . tuturnya.

Harapan saya selaku Babinsa kepada masyarakat khususnya kampung Syiang untuk bisa bebenah merubah membangun kampungnya dengan cara meningkatkan potensi alam yang ada dengan membangun obyek wiasata, untuk meningkatkan taraf hidup paling tidak masyarakat kampung Syiang sendiri. Masyalah keamanan bisa di atur sesuai mekanisme pelaturan ketentuan yang berlak, ” pungkan Bapak Sertu Eko. ( Iwn )

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *