Semua Anggota DPRD Tanah Bumbu Serahkan LHKPN, Siap Dilantik Akhir Agustus

Tanah Bumbu, Sorottipikor.com

-Semua anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Bumbu yang terpilih telah menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Penyerahan ini dilakukan sebelum batas waktu pada 25 Juli 2024.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanah Bumbu, Puryadi, mengonfirmasi bahwa seluruh berkas LHKPN telah diterima dengan lengkap. “Berkas LHKPN sudah lengkap pada tanggal 25 Juli kemarin,” ujarnya pada Selasa (6/8/2024).

Puryadi mengakui bahwa sempat ada beberapa anggota dewan yang terlambat dalam mengumpulkan berkas. Untuk mengatasi hal ini, pihaknya mengirimkan surat kepada sejumlah partai politik yang berisi panduan tentang cara aktivasi akun dan pelaporan LHKPN secara online.

Lebih lanjut, Puryadi menyatakan bahwa sesuai jadwal Sekretariat DPRD Tanah Bumbu, pelantikan 35 anggota dewan terpilih hasil Pemilu Legislatif pada 14 Februari 2024 akan digelar pada Senin, 26 Agustus 2024. “Kami juga akan mempersiapkan pelantikan pada 26 Agustus ini,” tambahnya.

KPU Tanah Bumbu telah mensosialisasikan kewajiban penyerahan LHKPN kepada seluruh anggota dewan terpilih, sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2024. Langkah ini menunjukkan komitmen terhadap transparansi dan akuntabilitas dalam pemerintahan.

Penting untuk dicatat, anggota dewan yang tidak memenuhi kewajiban ini berisiko tidak dilantik dan tidak dapat menjalankan tugasnya. Komitmen terhadap transparansi seperti ini diharapkan dapat memperkuat kepercayaan publik terhadap pemerintahan yang bersih dan akuntabel.(Hmd.Team)

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *