Pembukaan Diklatsar dan Pelepasan Calon Paskibraka Provinsi Tingkat Jawa Barat, Pj Wali Kota Tekankan Pentingnya Ketahanan Fisik dan Mental

CIREBON – Sorottipikor.com / / Upacara Pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) serta Pelepasan Calon Paskibraka Provinsi Tingkat Jawa Barat telah dilaksanakan di halaman Balai Kota Cirebon Kamis (1/8/2024). Acara tersebut dihadiri oleh Pejabat (Pj) Wali Kota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi MSi, sekaligus menjadi pembina upacara.

Dalam amanatnya, Pj Wali Kota mengucapkan selamat kepada para calon Paskibraka yang telah melalui proses seleksi dan berhasil terpilih sebagai calon anggota Paskibraka Tingkat Kota Cirebon dan Tingkat Provinsi Jawa Barat.

“Ini merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi kalian, sekolah, dan orang tua. Kalian memiliki kemampuan sebagai calon Paskibraka. Tunjukkan kualitas sebagai insan terpilih, beretika, berbudi luhur, serta memiliki wawasan kebangsaan yang tinggi,” ujarnya.

Untuk diketahui, proses diklatsar yang akan dijalani para calon Paskibraka bertujuan memantapkan ketahanan fisik dan kesiapan mental demi suksesnya pelaksanaan misi penting, yaitu pengibaran dan penurunan bendera merah putih pada peringatan Hari Ulang Tahun RI ke-79 di Kota Cirebon dan Provinsi Jawa Barat tahun 2024.

Pj Wali Kota menegaskan pentingnya pelaksanaan diklatsar ini sebagai persiapan bagi setiap calon Paskibraka sebelum melaksanakan tugas kenegaraan.

Pj Wali Kota juga mengimbau kepada para calon Paskibraka agar fokus dan serius dalam mengikuti kegiatan ini, tidak mudah menyerah, dan selalu semangat menghadapi tantangan.

“Dalam diklatsar ini diperlukan ketekunan, kerja keras, dan mengikuti kegiatan dengan sepenuh hati, bersungguh-sungguh, tetap semangat, serta menjaga kekompakan di antara sesama peserta dan mendengarkan arahan dari instruktur dan pelatih,” tambahnya.

Pj Wali Kota berharap para calon Paskibraka mampu mempertanggungjawabkan kehormatan dan kepercayaan yang diberikan dengan sebaik-baiknya, mengingat tidak semua pemuda dan pemudi di Kota Cirebon mendapatkan kesempatan ini. Kepercayaan ini harus dijadikan sebagai tonggak penting untuk mempersiapkan diri menjadi putra-putri terbaik bangsa.

“Bawa nama baik Kota Cirebon,” pesannya.

Pada akhir sambutannya, Pj Wali Kota berpesan kepada seluruh calon Paskibraka untuk tetap menjaga kesehatan dan semangat sampai hari pelaksanaan tugas pengibaran bendera.

Dengan demikian, upacara ini tidak hanya menjadi momentum penting dalam persiapan peringatan Hari Ulang Tahun RI ke-79, tetapi juga sebagai wujud pembinaan karakter dan patriotisme bagi generasi muda Kota Cirebon. (Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Cirebon)( Suripto )

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *