Portina Kabupaten Cirebon Gelar Lomba Tradisional Tingkat SD

Cirebon — Sorottipikor.com // Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia (PORTINA) menyelenggarakan Invitasi Olahraga Tradisional se-kabupaten Cirebon pada Senin 30 Oktober 2023 di lapangan bola Desa Ciperna kabupaten Cirebon.

Diantara yang dilombakan adalah , terompah panjang , dagongan, egrang , penghalang ( gopaksodor ) dan sumpit Peserta yang mengikuti kegiatan adalah sebanyak 69 SDN di Kabupaten Cirebon dari 23 kecamatan.

Acara lomba dibuka oleh wakil bupati Cirebon Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE, M.Si. hadir ketua Portina kabupaten Cirebon Siska karina , guru pelatih , para kuwu dan undangan.

Kemenpora terus berupaya untuk memasyarakatkan olahraga tradisional salah satunya dengan mendukung penuh kegiatan ini.

Siska Karina ketua Portina kabupaten Cirebon mengungkapkan, Portina mencari bibit dari tingkat SD untuk dilombakan tingkat propinsi.

” Portina di Kabupaten Cirebon ini baru bulan September berdiri sehingga untuk mengadakan lomba masih di biayai dengan dana pribadi ke depan mudah – mudahan pemerintah kabupaten Cirebon dapat menganggarkan untuk kegiatan Portina, ” terang Siska.

Dari pemenang lomba yang menjadi juara 1 ( satu ) akan di ikut sertakan ke tingkat propinsi dan Siska Karina pun berharap pemerintah kabupaten Cirebon menganggarkan ke APBD.

Kita perlu lestarikan olahraga Indonesia yaitu olahraga tradisional yang sangat banyak seperti gobak sodor, tarik tambang, dagongan, bambu gila, terompah panjang (bakiak), gebuk bantal ini adalah olahraga nenek moyang yang harus dilestarikan oleh kita semua.

Ketua panitia lomba Mahmud menuturkan, Portina tergabung dalam KORMI ( Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia ) setarap dengan KONI kami berkeinginan perlombaan diadakan ber jenjang serta kan mengadakan lomba se – wilayah tiga , tutupnya .

Pewarta : Suripto

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *