Cegah Stunting Pemkab Tanbu Gelar Lomba B2SA

BATULICIN,Sorottipikor.com – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) menggelar lomba menu, beragam, bergizi, seimbang, dan aman (B2SA) tingkat Kabupaten Tanah Bumbu tahun 2023.

Kegiatan bertempat di Halaman Kantor Dinas DKPP Tanbu di Gunung Tinggi, Batulicin, Kamis (15/6/2023).

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya membiasakan konsumsi menu B2SA di rumah tangga untuk mewujudkan Tanah Bumbu bebas stunting.

Bupati Tanah Bumbu H.M. Zairullah Azhar melalui Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM M. Putu Wisnu Wardana menyambut baik dengan digelarnya Lomba B2SA untuk mendorong penganekaragaman dan konsumsi pangan sebagai salah satu langkah penting dalam menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan unggul.

Menurut M Putu Wisnu Wardana, konsumsi pangan berkualitas dapat terwujud apabila makanan yang dikonsumsi sehari-hari mengandung gizi lengkap sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Melalui lomba ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk mengatasi permasalahan gizi ganda, yakni kekurangan dan kelebihan gizi.

“Lomba Menu B2SA ini bertujuan untuk mensosialisasikan konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang, dan aman kepada masyarakat. Dalam lomba ini, peserta diharapkan dapat memanfaatkan hasil potensi alam didaerah untuk diolah menjadi makanan fungsional yang mengandung nutrisi lengkap dan meningkatkan kualitas konsumsi pangan,” sebutnya.

Selain manfaat dalam aspek gizi, lomba ini juga diharapkan dapat membantu menambah pendapatan rumah tangga dengan cara memanfaatkan potensi alam daerah dengan menciptakan produk pangan inovatif yang memiliki nilai jual dan mampu meningkatkan ekonomi keluarga.

Dalam kegiatan tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Wahyu Windarti Zairullah juga mengkampanyekan kepada keluarga tentang pentingnya memberikan dan mengkonsumsi makanan menu B2SA

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *