PUPR PPK 2.5 Jawa Barat Gerak Cepat Terjunkan. Alat Berat Terkait Longsor di Naringgul.

Cianjur, – Sorottipikor.com l 
Mendapati adanya laporan terjadi lonsor di Jalan Nasional Naringgul – Cidaun, tepatnya di Kampung Cibodas RT 02/08, Desa Naringgul, Cianjur Selatan, Jawa Barat. Kementerian PUPR PPK 2.5 Jabar, gerak cepat tangani longsor itu, Rabu (17/02/2021).

Berdasarkan pantauan wartawan di lokasi kejadian, Kementerian PUPR melalui PPK 2.5 Jabar, langsung bergerak cepat menurunkan satu unit alat berat berupa Wiloder untuk membersihkan material longsoran berupa bebatun dan tanah yang menutupi badan jalan Nasional sepanjang 5 meter dengan ketebalan 2 meter.

Kepada wartawan, Kepala PPK 2.5 jabar, Ananto Wibowo ST.MT, menyampaikan, setelah mendapat informasi  dari warga terjadinya longsor di jalur jalan nasional kilometer 226+800, tepatnya di tanjakan Mala Tebing Hijau Naringgul Cianjur Selatan. Pihaknya langsung menurunkan alat berat ke lokasi kejadian.

“Ya, kita bergerak cepat setelah mendapat laporan dari warga. Satu unit alat berat  jenis Wiloder sudah diturunkan untuk mengavakuasi material longosoran berupa bebatuan dan tanah sepanjang 7 meter dengan ketebalan 2 meter,” ucapnya.
Untuk arus lalu lintas, lanjut Ananto, kini sudah bisa dilewati. Walaupun harus menggunaka  sistem buka tutup atau satu arah.
“Berubtung saat evakuasi, cuaca mendukung. Diharapkan hari ini bisa selesai semua dievakuasi, dengan harapan arus lalu lintas bisa berjalan normal kembali,” katanya.
Terakhir, Ananto, menyampaikan, menurut data laporan dari pegawai lapangan, disekitar lokasi ini memang rawan terjadi longsor.
“Atas hal itu, kami sudah berupaya untuk memperkuat penahan tebing dengan mengunakan kawat baja  penahan Longsoran. Namun karena curah hujan cukup tinggi, sehingga terjadi longsor dan kawat baja penahan longosor pun  tidak kuat. Tentunya kami dari PPK 2.5 Jabar, menghimbau kepada para penguna jalan harap berhati-hati apabila melintas jalur Naringgul karena rawan longsor,” tandasnya.

Repoter  :  Arif.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *