Desa Sukamulya Dapat Bantuan Provinsi Jawa Barat 20 Unit Rutilahu.

Cianjur, – sorottipikor.com l 
Dipenghujung tahun 2020, Desa Sukamulya Kecamatan Karangtengah Cianjur Jawa Barat, mendapat bantuan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) dari Pemprov Jabar melalui Dinas PUPR Kab. Cianjur.

Adapun jumlah jatah Rutilahu yang diberikan kepada pemerintah desa sukamulya, sebanyak 20 unit untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Namun di akhir tahun 2020 ini, baru diberikan sebanyak 6 unit. Masing-masing anggaran Rp. 17.500.000,-. Dan sisanya akan diberikan pada tahun 2021.

Berikut rincian anggaran pembangunan Rutilahu, untuk pembangunan rumah Rp. 16.500.000,-, upah kerja Rp. 700.000,- , dan biaya operasional Rp. 300.000,-.

Dalam pelaksanaan rutilahu LPM desa Sukamulya berkerjasama dengan TB.Putra Dahlawi sebagai pengadaan barang rutilahu.

Kepada wartawan, Selasa (05/01/2020), Ketua LPM Desa Sukamulya, Asep Misbah mengatakan, program bantuan Rutilahu tahap pertama sebanyak 6 KPM di tahun 2020. Sisanya sebanyak 14 KPM ditahap berikutnya pada tahun 2021.

” Ya, untuk Rutilahu di Desa Sukamulya ini mendapatkan 20 KPM, tapi terbagi menjadi dua tahap. Tahun 2020 6 unit dan sisanya ditahun 2021,” kata Asep.

Sementara itu, Kepala Desa Sukamulya, Syaripudin Spd mengaku, sangat mengapresiasi sekali adanya bantuan Rutilahu di wilayah desa kami dan mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah provinsi jawa barat. ” Saya sangat bersyukur dan mengapresiasi sekali adanya bantuan Rutilahu di Desa Sukamulya ini,” akunya.

Syaripudin melanjutkan, meskipun di tahun 2020 ini baru 6 unit, tapi setidaknya sisanya 14 unit di tahun 2021 akan di lanjutkan lagi yang masih tertunda di tahun 2020 di desanya itu.

” Karena ini adalah tugas pemerintah untuk membantu warga miskin, yaitu dengan cara merehab bangunan rumah tidak layak huni dengan tujuan untuk mensejahterakan masyarakat,” ujarnya.

Terakhir, Syaripudin mengatakan, untuk membangun satu unit rumah layak huni itu,dengan uang nominal  17.500.000 ini emang ga akan cukup untuk merehab rumah. Nah untuk mensiasatinya, pihak pelaksana disini, memberdayakan masyarakat setempat atau swadaya masyarakat, sekaligus meningkatkan  jiwa gotong royong masyarakat.

” Alhamdulillah kerja sama semua pihak disini masih bisa terjalin, mudah-mudahan apa yang diberikan ini bisa benar-benar bermanfaat bagi penerimanya, meskipun uang yang diberikan itu masih kurang untuk pembangunan satu unit rumah layak,” ujarnya menegaskan.

Repoter   :  Arif.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *