Aplikasi Daluwang Solusi Tercepat Dimasa Pandemi Untuk Tandatangan Dukumen.

Purwakarta,– sorottipikor.com l -Hampir semua dokumen penting atau surat yang beredar di instansi-instansi pemerintahn membutuhkan tanda tangan sebagai bukti persetujuan.Tak heran jika bayak orang yang rela repot mengirimkan dokumen haya untuk meminta tanda tangan.

Namun dijaman yang serba canggih seperti sekarang ini, banyak dokumen yang dikirimkan dalam bentuk Digital karena hal itu tentu saja dibutuhkan juga Tanda Tangan dalam bentuk Digital untuk mengisi laman persetujuan dokumen tersebut.

Untuk menunjang hal tersebut dan sebagai salah satu upaya peningkatan implementasi Sistem pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE ).Bertempat di Bale Saeala Yudhistira,Rabu,7 oktober 2020.Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta melalui Dinas Komunikasi dan lnformatika (Dikomimfo) melaunching sebuah aplikasi tanda tangan
digital bernama Daluwang yang diharapkan juga bisa menjadi sebuah dolusi dimasa pandemi Covid-19 ini.

Kepala Diskomimfo
Kabupaten Purwakarta Dra Hj Siti lda Hamidah Mm mengatakan kehafiran ponsel pintar bisa membuat kita melakukan segala hal termasuk dalam membuat dokumen sekaligus langsung menandatanganinya dengan sangat mudah .

Versi terbaru Aplikasi Daluwang sebagai aplikasi tanda tangan digital yang diluncurkan hari ini.diharapkan bisa bisa menjadi solusi dalam hal penandatanganan berkas berkas atau surat menyurat yang dilakukan para pegawai yang diharuskan tetap menerapkan protokol kesehatan dimasa pandemi ini ujarnya.

Kata ida dinas yang dipimpinnya terus melakukan upaya penguatan penerapan sistem pemerintah Berbasis EleKtronik (SPBE) Dikabupaten purwakarta dengan melakukan penyiapan penyiapan perumusan kebijakan pengembangan dibidang perangkat lunak konten pemberdayaan inpormatika standarisasi momitoring dan evaluasi aplikasi informatika dengan menjalin kerja sama dengan Badan siber dan sandi Negara (BSSN) Yang telah diterapkan pada aplikasi Daluwang dan aplikasi pelayanan lainya .

Lebih jauh dia menjelaskan dasar hukum penerapan SPBE Di kabupaten Purwakarta .diantaranya adalah pelaturan presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang sistem pemerintah berbasis Elektronik Lalu ada pelaturan mentri PANRB Nomor 5 tahun 2018 tentang pedoman Evaluasi sistem pemerintah berbasis Elekronik.

Persturan turunannya, diantaranya adalah , peraturan Bupati Purwakarta nomor 253 Tahun 2019 tentang Rencana induk sistem pemerintah berbasis Elektronik dan peraturan Bupati purwakarta Nomor 254 Tahun 2019 tentang penyelenggaraan Layanan pusat kendali Terpadu (command center),”ujarnya.
Sementara dalam pidato peluncuran Aplikasi Daluwang, Bupati Purwakarta HJ.Anne Ratna Mustika mengapresiasi dedikasi tinggi yang telah ditunjukan oleh jajaran Dinas Komunikasi dan lnformatika (Diskomimfo)Kabupaten Purwakarta .

“Kita selalu berharap terus bermunculan inovasi inovasi yang dibarengi dengan kreatifitas tinggi dari jajaran SKPD dan unsur pemda purwakarta melakukan hal itu dan patut kita apresiasi kata Ambu Anne .

Reporter : Dadi/Hermana.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *