Kolaborasi Hebat! Wali Kota Depok Luncurkan Program Inovatif untuk Lansia

Depok,– Sorot Tipikor //
Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan lansia, Kota Depok kembali berinovasi. Kali ini, melalui kolaborasi antara RSUI, Tenteram Senior Care, dan berbagai pihak lainnya, diluncurkan program Senior Day Care. Program ini tidak hanya menyediakan fasilitas kesehatan, tetapi juga berbagai kegiatan yang merangsang pikiran dan tubuh para lansia agar tetap aktif dan bahagia.

Program Senior Day Care yang digagas oleh Tenteram Senior Care (alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis atau FEB UI angkatan 1983 – Wonder83) berkolaborasi dengan Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), didukung oleh Indonesia Ramah Lansia serta Yayasan Alzheimer’s Indonesia (Alzi) diresmikan oleh Wali Kota Depok, Mohammad Idris.

Peresmian wadah pemberdayaan bagi warga lanjut usia (lansia) ini dilaksanakan di Auditorium Lantai 4 Gedung Administrasi RSUI, Rabu (29/05/24).

Program tersebut diresmikan juga dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-28

“Ini sebagai perhatian, termasuk UI, alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang juga berkolaborasi dengan Alzi Korwil Depok, maka ini sesuatu kolaborasi yang bagus sekali,” katanya.

Kiai Idris, sapaan Wali Kota Depok, menilai, program Senior Day Care ini juga dapat meningkatkan usia harapan hidup warga Depok, khususnya masyarakat lansia atau senior people.

“Program ini juga dapat meningkatkan harapan hidup warga Depok, khususnya lansia,” ujarnya.

Tercatat bahwa Kota Depok pada tahun 2023 memiliki angka harapan hidup sebesar 75,53 tahun. Angka ini terlihat selalu mengalami kenaikan dari tahun ke tahun.

“Rata-rata usia orang-orang Depok 75 tahun kami juga memiliki upaya-upaya meningkatkan angka harapan hidup,” ujarnya.

Di antaranya, peningkatan pelayanan kesehatan, termasuk dari posyandu dan posbindu, jadi dari hulunya, termasuk masalah bayi dan, ibu hamil.

“Semuanya di situ, dan ini sangat mempengaruhi angka harapan hidup,” ujar Kiai Idris.

Begitu juga dengan pelayanan kesehatan, usia pra lansia, bagaimana pola hidup mereka yang dipantau oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok.

Tentunya dengan kolaborasi bersama RSUI dapat meningkatkan harapan hidup masyarakat Kota Depok.

“Kota sudah punya MoU (Memorandum of Understanding) dengan UI tentu di bawahnya juga RSUI untuk kita lakukan tindakan preventif,” kata Kiai Idris.

“Kalau yang masalah kesehatan, terapi segala macam itu sudah otomatis, untuk kegiatan preventif ini yang perlu kita tingkatkan, seperti perhatian dengan ibu hamil dan sebagainya,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Direktur Tenteram Senior Care, Yanti Djani mengatakan, pihaknya memerlukan wadah untuk mewujudkan kepedulian dan pemberdayaan masyarakat lansia, termasuk sahabat Wonder83 yang juga memasuki usia lansia.

Dikatakannya, program ini hadir setiap Rabu pukul 09.00 -15.00 berlokasi di Gedung Administrasi Lantai 4 RSUI, di mana para lansia bisa berinteraksi dan menciptakan kegiatan bermakna agar tetap bahagia, sehat dan berdaya.

“Senior Day Care hadir sebagai solusi untuk menangani kebutuhan lansia dengan pendekatan yang holistik,” ujarnya.

“Program ini dirancang untuk memberikan perhatian menyeluruh terhadap berbagai aspek kehidupan lansia dalam meningkatkan kualitas hidup mereka agar mencapai tingkat kebahagiaan, kesehatan, dan kemandirian yang optimal,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Direktur Utama RSUI, Astuti Giantini, menuturkan, pemilihan RSUI sebagai tempat untuk melangsungkan program ini merupakan hal yang tepat.

“Karena RSUI memiliki dokter spesialis penyakit dalam konsultan geriatri, jadi saat para lansia membutuhkan sharing kesehatan bisa kami hadirkan dari ahlinya,” tuturnya.

“Semoga ke depannya dapat terus berkolaborasi dan bisa dikembangkan, mudah-mudahan hadirnya RSUI bisa memenuhi kebutuhan yang diperlukan untuk lansia yang lebih sehat” tandasnya. (Aris).

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *