Karnaval Pelajar di Cirebon Jadi Ajang Kampanye Stop Kekerasan Terhadap Anak

KABUPATEN CIREBON — Sorottipikor.com / /Pemerintah Kabupaten Cirebon mengapresiasi gelaran Karnaval Pelajar sebagai sarana untuk mengkampanyekan stop kekerasan terhadap anak yang diadakan di Hutan Kota Sumber, Kabupaten Cirebon, Selasa (30/7/2024).

Penjabat (Pj) Bupati Cirebon, Drs H Wahyu Mijaya SH MSi yang hadir dalam acara tersebut, menyampaikan bahwa pemerintah daerah sudah berkomitmen dalam menangani kasus kekerasan terhadap anak.

Pihaknya sudah menyusun, serta akan membentuk satuan tugas khusus untuk perlindungan anak di tingkat SD, SMP dan SMA.

Ia juga menekankan akan pentingnya menyediakan ruang positif bagi anak-anak melalui berbagai kegiatan, seperti olahraga bersama.

“Kami akan meminta partisipasi kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan seluruh guru untuk melindungi anak-anak kita,” kata Wahyu.

Sementara itu, Wakil Menteri Ketenagakerjaan RI, Ir Afriansyah Noor ST MSi IPU, turut mendukung kampanye inisiatif ini dengan mengajak masyarakat untuk mencegah eksploitasi anak.

Pemerintah, lanjut Afriansyah, sedang menyusun peta jalan untuk menyosialisasikan larangan mempekerjakan anak di bawah umur terutama dalam pekerjaan yang beresiko tinggi, baik di perusahaan, industri, maupun sektor wirausaha.

“Banyak anak di Indonesia yang seharusnya hidup bahagia, tetapi karena masalah ekonomi, mereka terpaksa bekerja,” ujarnya.

Dalam upaya melindungi anak-anak, Afriansyah mengajak semua pihak untuk menjaga mereka dari kekerasan.

Ia juga menekankan pentingnya peran orang tua dalam memberikan kasih sayang dan perhatian kepada anak-anak.

“Anak-anak ini adalah penerus kita dan akan melanjutkan perjuangan menuju Indonesia Emas 2045,” tukasnya. (Sukirwan )

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *