Pemdes Lalabata Gelar Musrenbang Perempuan dan Anak RKPDes Tahun 2025

BARRU, – Sorot Tipikor //
Pemerintah Desa Lalabata Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru, menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbang)sehari, khusus untuk kalangan Perempuan dan Anak di ruang Aula Kantor Desa Lalabata pada Rabu (29/5/2024) untuk Tahun anggaran 2025.

Kegiatan Musrenbang ini diikuti oleh perwakilan forum anak dan organisasi perempuan, fokus pada aspirasi dan kebutuhan Perempuan dan Anak .

Musrenbang Perempuan dan anak adalah menyuarakan kebutuhan dan aspirasi mereka dalam proses Perencanaan Pembangunan Desa. Dengan adanya Kegiatan Musrenbang Perempuan dan anak, adalah untuk memastikan bahwa Perencanaan Pembangunan Desa sangat memperhatikan perspektif Gender dan anak agar dapat ikut serta dalam kegiatan organisasi dan merasakan Pembangunan yang ada di Desa.

Dengan melibatkan mereka dalam proses Perencanaan, diharapkan Pembangunan Desa dapat lebih responsif terhadap kebutuhan- kebutuhan dan hak- hak mereka.
Dalam kesempatan kali ini, Kepala Desa Lalabata, Aris Tahir menjelaskan bahwa melalui Musrenbang (PA)adalah wadah khusnya perempuan dan anak untuk menyampaikan gagasan, aspirasi dan usulan agar permasalahan – permasalahan yang ada di masyarakat khususnya Perempuan dan Anak bisa diantisipasi dan secepat mungkin diselesaikan.

Tujuan dari pelaksanaan Musrenbang Perempuan adalah untuk menampung semua aspirasi dari kaum Perempuan yang ada di Desa.

Dengan adanya Musrenbang Perempuan ini, kita harapkan para kaum Perempuan dapat lebih berperan dalam pembangunan di Desa, orang nomor satu di Desa Lalabata ini melanjutkan penjelasannya,” bahwa tujuan dari pelaksanaan Musrenbang Anak adalah untuk mendengarkan dan menampung aspirasi atau apa yang menjadi kebutuhan anak, sehingga apa yang menjadi hak anak dapat dipenuhi, menutup penjelasannya.

Musrenbang Perempuan Desa Lalabata dihadiri oleh Sekretaris Kecamatan Tanete Rilau, Lukman, Tim Pendamping Desa, Andi Herawati Hj. Hasbiah S.Sos dari PMDPPKBP3KA Kabupaten Barru selaku Pemateri Sementara Musrenbang Anak dihadiri oleh TPAM Barru bersama pendamping Desa dan pendamping lokal Kecamatan Tanete Rilau, FACP Kabupaten Barru, Forum Anak Desa Lalabata, Ketua BPD Lalabata, Pendamping Kecamatan Tanete Rilau dan PMDPPKBP3A.
Musrenbang Perempuan dan Anak RKPDes ( Lalabata) Tahun 2025 di gelar Sehari.

Pewarta : Mahmud Kaci.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *