Rumah Peradaban KARS Mantewe Menjadi Magnet Pendidikan di Kabupaten Tanah Bumbu

Tanah Bumbu, SOROTTIPIKOR//

– Kabupaten Tanah Bumbu terus mengukir prestasi sebagai destinasi pariwisata edukatif dengan kehadiran Rumah Peradaban KARS Mantewe di Situs Cagar Budaya Liang Bangkai. Pemkab Tanbu, melalui Dinas Budporapar, menggelar acara mengesankan pada 2-3 Desember 2023, mengundang puluhan pelajar dari berbagai sekolah untuk merasakan pesona sejarah dan kearifan lokal.

Sekretaris Dinas Budporapar, Muhammad Zabir, mewakili Kepala Dinas, Syamsuddin, membuka acara yang mempertemukan para siswa dengan keajaiban arkeologi di Karst Mantewe. SMPN Mantewe, SMPN Karang Bintang, SMPN Simpang Empat, dan SMP Kodeko turut ambil bagian dalam kunjungan lapangan ini, disertai dengan pembelajaran langsung dari Dosen Sejarah FKIP ULM Banjarmasin, Mansyur.

Zabir menegaskan bahwa Rumah Peradaban KARS Mantewe bukan sekadar tempat indah, melainkan jendela interaktif ke masa lampau. “Melalui kunjungan lapangan ini, para murid tidak hanya menyaksikan, tetapi juga memaknai nilai-nilai kehidupan masa lampau dengan bimbingan peneliti arkeologi dan sejarawan,” ujarnya.

Tanah Bumbu yang kaya akan warisan budaya memiliki 15 Objek Cagar Budaya di beberapa kecamatan. Goa Liang Bangkai, sebagai salah satunya, menjadi saksi bisu fosil manusia purba dan lukisan prasejarah di dinding batu. Dengan semangat pelestarian, Muhammad Zabir menegaskan komitmen penuh Dinas Budporapar Tanah Bumbu terhadap keberlanjutan dan perlindungan cagar budaya.

Destinasi edukatif seperti Rumah Peradaban KARS Mantewe tidak hanya menjadi langkah positif menuju pelestarian warisan bersejarah, tetapi juga membawa generasi muda lebih dekat dengan akar budaya mereka. Dengan dukungan penuh dari pemerintah setempat, Tanah Bumbu terus berperan sebagai magnet pendidikan yang memukau dan memberdayakan.(HMD.Team)

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *