HUT.Humas Polri Ke-72: Polres Morowali Salurkan Air Bersih Ke Rumah Warga Yang Terkena Dampak Krisis Air Akibat Musim Kemarau

 

 

 

Morowali,Sulteng,-Sorot Tipikor //
Hampir sebulan Krisis air bersih menimpah warga Trans Lanona Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali Prov.Sulawesi Tengah.

Dampak dari kekeringan air Warga terpaksa membeli Air isi ulang/galon demi mendapatkan air bersih,Selain itu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, warga juga berburu air bersih disungai terdekat dengan jarak tempuh perjalanan dua sampai tiga kilo dari perumahan warga.

Satu galon air dihargai Rp 7000 rupiah rata rata per hari warga menghabiskan 1 sampai 2 galon air bersih untuk kebutuhan memasak. jika dijumblah dari kebutuhan air perharinya warga harus mengeluarkan isi dompet Rp 14 ribu rupiah.

Sudah hampir sebulan kami mengalami kesulitan air bersih,untuk memenuhi kebutuhan sehari hari memasak dan air minum membeli air isi ulang.

sehari semalam menghabiskan 1 sampai 2 galon air perharinya,sementara untuk mencuci pakaian atau kebutuhan lainnya kami mengambil air bersih dari sungai atau sumur terdekat yang jaraknya cukup lumayan jauh.ucap salah satu warga Trans Lanona yang terkena dampak kekeringan air.

Melihat,letak lokasi trans lanona berada di atas pegunungan yang kondisinya pebatuan,disaat musim kemarau tiba lobang sumur gali milik warga disekitar perumahan debit air mengalami Penyusutan yang begitu drastis alias kering.untuk menanggulangi kesulitan tersebut warga terpaksa berburu sumber air ketempat lain menggunakan jirgen dengan sepeda motor dengan jarak tempuh perkilo kilo meter.kami kesulitan air apa lagi diblok kami ini. Kata salah satu warga kepada media sorot Tipikor(6/10) saat menggambarkan kondisi saat ini

Mewakili warga Trans Lanona saya ucapkan terima kasih kepada bapak Kapolres Morowali bersama jajarannya yang sudah membantu air bersih semogah Polres Morowali sukses selalu dan semakin dekat dihati rakyat.ucap warga

Warga juga berharap, kepada pemerintah Daerah Morowali agar memberikan perhatian serius bantuan air bersih terhadap warga trans lanona yang saat ini terkena dampak krisis air bersih.

Krisis air bersih yang menimpa warga Trans Lanona tersebut memantik keprihatinan berbagai pihak. Diantaranya Polres Morowali Polda Sulteng memberikan bantuan air bersih dengan menyuplai air ke rumah-rumah warga menggunakan mobil pemadam milik pemerintah kabupaten Morowali ,warga sangat antusias menyiapkan jirgen atau tempat penampungan air(toren) di depan rumahnya hingga rela menunggu Berjam jam lamanya meski mobil belum tiba ditempat.

Alhasil,penantian warga akhirnya jirgen atau penampungan air milik warga terisi air bersih secara merata.

Kapolres Morowali AKBP Suprianto,S.I.K ,M.H mengatakan penyaluran air bersih ini merupakan upaya Polres Morowali dalam membantu masyarakat yang tengah mengalami kesulitan air akibat terkena dampak di musim kemarau.

Kapolres berharap,bantuan air bersih ini dapat meringankan beban masyarakat yang sedang mengalami kesulitan air bersih.

Kepolisian polres morowali memberikan bantuan air sebanyak 15 ribu liter untuk kurang lebih 60 rumah warga yang berdiam di dusun 3 dan dusun 5 .

penyaluran air bersih ini merupakan rankaian Hari ulang tahun Humas Polri ke -72 yang akan diperingati pada tanggal 30 Oktober mendatang.(Yasin)

 

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *