BPKAD Gelar Bimtek Pelaporan Keuangan Desa di Kecamatan Satui

BATULICIN,Sorottipikor.com – Pelaporan Keuangan Desa sangat penting dilaksanakan. Sebab itu, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tanah Bumbu telah menggelar Bimbingan Teknis.

Bimtek itu mengenai Tata cara Pelaporan Keuangan Desa untuk Kecamatan Satui yang dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 11 Juni sampai dengan 13 Juni 2023.

Pelatihan itu kini resmi ditutup oleh Kepala Dinas pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tanah Bumbu, Samsir di hadiri oleh seluruh perwakilan Desa sebanyak 20 Desa dengan jumlah peserta 60 orang.

Menurut Bupati Tanah Bumbu dr HM Zairullah Azhar dalam hal ini diwakili oleh Kadis PMD Samsir dalam sambutannya Penutupan Bimtek menyampaikan bahwa Bimtek Tatacara Pelaporan Keuangan Desa yang digagas oleh Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD).

Dia memberikan apresiasi BKAD Kecamatan Satui karena baru kali ini dilaksanakan, menurut kami sangat penting dilaksanakan dalam mengelola keuangan Desa, jangan sampai dalam pertanggungjawaban keuangan desa berbeda beda disetiap desa maka dalam hal ini perlu untuk menyeragamkan laporan keuangan desa, sehingga hal ini juga dapat meminimalisir penyalahgunaan penggunaan keuangan desa.

” Kami juga berharap, desa dapat menggali potensi sehingga dapat meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD), kami titip pesan kepada peserta dalam merencanakan program desa maupun peningkatan PAD, harus mengacu aturan serta musyawarah Desa, jangan sampai tidak musyawarah hal ini akan memicu potensi masalah kedepannya,” harapnya.

Ia juga berharap, ilmu yang diperoleh selama Bimtek dapat diterapkan di desa sehingga tidak sia-sia bimtek tersebut.

” Terakhir kami tutup kegiatan Bimtek dengan membaca Alhamdulillah,” kata Samsir.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *