Alhamdulillah Polres Morowali Bangun Sarana Air Bersih Dilokasi Trans Lanona

 

 

Morowali,Sulteng,-Sorot Tipikor //

Salah satu rangkaian memperingati hari Ulang Tahun Bhayangkara yang ke 77   pada tanggal 1 Juli 2023 Polres Morowali Polda Sulteng telah membangun sarana air bersih berupa sumur bor tepatnya ditanah desa blok B Transmigrasi desa Lanona Kecamatan Bungku Tengah Kab.Morowali Provinsi Sulawesi Tengah .

Dana,Proyek Pembangunan sarana air bersih yang bersumber dari Polres Morowali ini akan diserahkan Pengelolaanya ke Desa Lanona dan masyarakat trans lanona.Pembangunan fasilitas air bersih ini mendapat dukungan penuh dari pemerintah desa setempat dan warga trans.

Letak dan kondisi lokasi trans Lanona ini berada diareal pegunungan pebatuan  sehingga sulit untuk mendapatkan air bersih untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

untuk mendapatkan air bersih saat ini warga  harus menggali Sumur  hingga menempuh jarak dari tempat tinggal kurang lebih ratusan meter  dengan cara memasang pipa dan memasang daf.Parahnya lagi disaat musim kemarau datang, lobang sumur-sumur milik warga setempat mengalami kekeringan.begitupun sebaliknya disaat musim hujan tiba Kondisi air sumur  warga tersebut kotor berubah warna menjadi kemerahan bercampur lumpur.untuk memenuhi kebutuhannya warga  terpaksa  menumpang  disumur tetangga  dan mencari sumber air terdekat yang berada di lereng gunung hingga mengambil air kesungai  yang jarak tempuhnya mencapai kurang lebih dua kilo dengan cara membawa Jirgen  menggunakan sepeda motor dan kendaraan roda empat.

Dengan kondisi tersebut Trans lanona yang dihuni sekitar 200 KK  lebih ini sejak 10 tahun mengalami kesulitan  air bersih tentunya adanya pembangunan sarana air bersih yang dibangun oleh  Polres Morowali ini merupakan  impian Emas dan harapan yang telah lama dinantikan oleh   warga trans  lanona khususnya warga yang berada diblok B dan sekitarnya.

Meskipun pekerjaan pembangunan fasilitas air bersih tersebut mengalami kendala saat pengeboran titk sumur bor dikedalaman 32 meter,  mata bor tidak bisa menembus  pebatuan keras hingga dua mata bor  intan patah.Namun setelah menempuh koordinasi yang dilakukan polres Morowali melalui  Bhabinkamtibmas Desa Lanona Brigpol Hendra Sawaludin  polres Morowali akhirnya titik pengeboran sumur bor dipindah ke titik yang baru  kurang lebih 5 meter dari jarak sumur bor sebelumnya.

dititk yang baru hanya dengan kedalaman 22 meter Alhamdulillah mendapat titik sumber air yang deras  dengan kondisi air bersih dan bening dan saat ini air telah mengalir sampai ke bak penampungan awal dan sudah dinikmati warga sekitar.

Perlu di ketahui,berbekal semangat gotong royong dan kerja  keras  pengerjaan proyek sarana air bersih dilokasi trans lanona tersebut telah rampung dikerjakan sesuai target dan waktu yang telah ditentukan.

Bhabinkamtibmas desa Lanona Brigpol Hendra Sawaludin bersama KabagLog  Polres Morowali AKP Jephid Karame  dibantu kepala desa dan aparat desa seperti kepala dusun,RT  serta  dibantu warga,pembangunan sarana air bersih ini mulai dari pengeboran sampai pemasangan instalasi air ke bak penampungan dikerjakan dalam waktu singkat .(Yasin)

 

 

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *