Binmas Polda Jabar Dan Polres Purwakarta Lakukan Pengecekan Satkamling Desa Cilangkap Pandawa 14

Purwakarta,– Sorot Tipikor //
Rombangan Team Penilai Lomba Satuan Keamanan Lingkungan ( SATKAMLING ) tingkat Polda Jabar tiba di lokasi pada pukul 14.30 Wib Senin ( 15/5/2023 ) siang.

Team tersebut mengunjungi Pos Keamanan Lingkungan ( Pos Kamling ) Pandawa 14 Kampung Conggeang RT 14 RW 05 Desa Cilangkap Kecamatan Babakancikao Kabupaten Purwkarta.

Di iringi tarian kedatangannya disambut baik oleh Kepala Desa Cilangkap, Perangkat Desa, Linmas, Babinkamtibmas, Babinsa, Ketua LPM, Ketua MUI, Ketua Karang Taruna. Juga tampak hadir Camat Babakancikao, Kapolsek Purwakarta, Danramil Jatiluhur, Kabid Linmas Satpol PP Purwkarta.

Dalam sambutannya Camat Babakancikao Ruslan menyampaikan, bersyukur merupakan suatu kebanggaan bagi kami bersama Kepala Desa bisa dihadiri langsung oleh Wadir Bimas Polda Jabar dalam rangka Perlombaan Satkamling Se-Polda Jabar ini, ucap Camat Babakancikao.

Menurutnya, Poskamling RT 14 ini merupakan hasil karya Pak RT sendiri, mudah-mudahan mendapatkan hasil yang maksimal, karna melihat kekompakan warga ini sangat mendukung. Peranan penting sinergitas TNI POLRI dengan Kecamatan dan Pemerintahan Desa menjadikan motivasi, dengan adanya Pos Satkamling dapat meningkatkan silaturahmi antar warga saat bertugas tidak memandang jabatan dalam mengamankan lingkungan setempat.

Demikian juga warga siap membantu kompak dalam menyelesaikan perkara menjaga keamanan lingkungan.ucap Ruslan Camat Babakancikao.

Ditambahkan Kepala Desa Cilangkap Juliana menjelaskan, sebelumnya mengucapkan selamat datang kepada Team Penilai Siskamling dari Polda Jabar di Kampung Conggeang Desa Cilangkap. Juga dirinya mengucapkan terima kasih kepada seluruh perangkat Desa, Babinkamtibmas, Babinsa, khusunya warga kampung Conggeang yang telah berpartisipasi terhadap keamanan lingkungan sehingga kita ikut perlombaan Satkamling tingkat Polda Jabar, ujar Juliana

Kemudian penataan Pos Satkamling ini merupakan hasil karya RT 14 bersama warganya, kita lihat ini ada ruang tahanan adalah tahanan sementara bila terjadi gangguan keamanan, lanjut disini ada toilet untuk memudahkan para petugas ronda tidak pulang kerumah, ucap Kepala Desa.

Tentunya berharap mudah-mudahan Satkamling ini bisa menjuarai tingkat Polda Jabar, supaya bisa mengharumkan nama Desa Cilangkap, Kecamatan, Polsek dan Polres Purwakarta, akhir kata mohon maaf bila ada kekurangan, Pungkasnya saat sambutan.

Team penilai lomba Siskamling tingkat Polda Jabar M.Rois, S.ik,MH. Wadir Binmas Polda Jabar dalam arahannya menyampaikan tentang tata cara kinerja Satkamling yang baik dan benar serta tata cara penanganan kejadian dan memelihara Kamtibmas,

berharap Satkamling ini dapat menjadi juara tingkat propinsi jawa barat sehingga menjadi motivator dan motor penggerak bagi warga binaanya untuk sama-sama mewujudkan kamtibmas yang mantap dengan melibatkan warga dalam upaya pencegahan dan pengamanan di wilayah binaannya.

Terakhir beliau menyampaikan bahwa sekarang sudah di luncurkan program Polisi Rukun Warga ( RW ) bagian dari Satkamling dimana bertugas untuk mendatangi warga dan mengakomodir keluhan warga setempat, serta Polisi RW ini dibentuk bersama – sama dengan masyarakat, Demikian Wadir Polda Jabar saat sambutannya.

Pewarta : Ramaldi.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *