DKPP Tanah Bumbu Adakan Bimtek untuk Pengawasan Keamanan Pangan Segar

Tanah Bumbu, sorottipikor.com

– Dalam upaya meningkatkan keamanan pangan di Kabupaten Tanah Bumbu, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait Pengawasan Keamanan Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) Sanitasi Hygiene tahun 2024 pada Selasa (23/07/2024).

Kepala DKPP Tanah Bumbu, Hairuddin, melalui Sekretaris DKPP, Lamijan, menyampaikan dalam sambutannya bahwa penyediaan pangan yang cukup dengan jaminan keamanan, mutu, dan gizi adalah hal yang esensial dalam pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat.

“Keamanan pangan memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi bebas dari bahaya fisik, kimia, dan biologis. Mutu pangan menjamin produk memenuhi standar kualitas yang diharapkan, sementara nilai gizi memastikan asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh,” jelas Lamijan.

Ia menambahkan, kolaborasi antara pemerintah, produsen, dan masyarakat sangat penting untuk mencapai tujuan ini. “Dengan semakin banyaknya produksi pangan segar asal tumbuhan yang beredar di pasaran, konsumen harus menjadi konsumen cerdas yang didukung oleh penjaminan keamanan pangan oleh pemerintah,” tegasnya.

Untuk menjamin pelaksanaan keamanan pangan dilakukan dengan baik, pemerintah melalui pengawasan pre-market dan post-market, serta pelaku usaha sebagai produsen harus memahami isu keamanan pangan ini. “Penting untuk memastikan bahwa setiap tahap pengolahan memenuhi standar kesehatan dan keamanan pangan. Hal ini tidak hanya penting untuk memenuhi regulasi, tetapi juga untuk menjaga kepercayaan konsumen dan reputasi produk,” ujarnya.

Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan para pelaku usaha dalam menerapkan standar sanitasi dan higiene yang tepat dalam pengolahan pangan. Acara ini dihadiri oleh narasumber dari Loka POM di Kabupaten Tanah Bumbu, Kepala Bidang Ketahanan Pangan beserta jajarannya, pelaku usaha di bidang pangan segar maupun olahan, dan pelaku usaha di bidang ritel.

Acara ini juga ditandai dengan penyerahan izin edar kepada pelaku usaha pangan segar dari DKPP, sebagai bukti komitmen pemerintah dalam memastikan keamanan pangan di Kabupaten Tanah Bumbu.(Hm)

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *