Ketua DPRD Provinsi Sul-Sel, Kab.Barru Harus Jadi Pemasok Utama Pangan Sandang dan Papan ke IKN Nusantara

Barru,– Sorot Tipikor //
Pemindahan Ibu Kota Negara ( IKN )Nusantara dari Jakarta ke Kabupaten Penajam Paser Utara Kalimantan Timur memberi keuntungan besar bagi perekonomian Kabupaten Barru. Dengan letak geografis Penajam sangat dekat melalui jalur laut ke Kabupaten Barru.

Dengan melalui jalur laut tentu memudahkan masyarakat Barru mendistribusikan bahan pangan, sandang dan bahan papan ke IKN Nusantara. Untuk melaksanakan dan mewujudkan perdagangan dan pendistribusian bahan pangan ke IKN Nusantara itu, maka harus disediakan beberapa sarana dan prasarana penunjang,salah satunya adalah tersedianya infrastruktur pelabuhan yang memadai,

Untuk menindaklanjuti dan memastikan kesiapan masyarakat Barru memasok dan mendistribusikan bahan pangan ke IKN melalui tiga Pelabuhan di Kabupaten Barru. Yakni Pelabuhan Polejiwa di Tanete Rilau, Pelabuhan Garongkong di Kecamatan Barru dan Pelabuhan Awarange di Soppeng Riaja.

Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Selatan Andi Ina Kartika Sari SH,M,Si.melaui Reses dan Temu Konstituen di tiga Kecamatan di Kabupaten Barru mengatakan dihadapan ratusan konstituen yang hadir, “dengan hadirnya Ibu Kota Negara ( IKN ) Nusantara di Penajam Kalimantan Timur, mereka tidak bisapi memenuhi kebutuhan Pangan Sandang dan Papan pasti akan mencari daerah terdekat untuk meminta tentunya bagaimana pasokan pangan ( sayur mayur buah-buahan) tentunya semuanya itu dari Kabupaten Barru. Kenapa harus Barru, karena letak geografis Barru dengan IKN di Penajam

Kalimantan Timur sangat dekat dan bisa melalui Kapal laut.Saat ini kita memiliki tiga Pelabuhan laut, ada Pelabuhan Polejiwa di Tanete Rilau ada Pelabuhan Garongkong di Barru dan Pelabuhan Awarange di Soppeng Riaja. Tinggal tiga Pelabuhan ini diperbaiki Infrastrukturnya..Dan untuk memperbaiki Infrastrukturnya kita membutuhkan anggaran baik dari Pemerintah Provinsi maupun dari Pemerintah Pusat”

Lebih Jauh Perempuan nomor 3 di Pemkab Provinsi Sul Sel ini mengungkapkan “jika ke tiga Pelabuhan Ini sudah berfungsi dan beroperasi dengan baik maka roda perekobomian masyarakat Barru terus mengalami peningkatan yang signifikan karena pendistribusian kebutuhan-kebutuhan pokok yang dibutuhkan oleh Ibu Kota Negara ( IKN) itu akan semakin mudah dan lancar pengiriman barang ke IKN. Sekali lagi saya katakan dengan hadirnya Ibu Kota Negara (IKN) ini masyarakat Kabupaten Barru jangan jadi penonton,”harapnya.

Dalam Reses dan Temu Konstituen ini turut dihadiri oleh Kapolsek Tanete Rilau,Danramil Tanete Rilau , Camat Tanete Rilau, Kepala Desa LasitaE dan Ketua Golkar Kecamatan Tanete Rilau, H. Salama dan para tokoh masyarakat Se Kecamatan Tanete Rilau.

Pewarta : Mahmud Kaci
Biro Barru SulSel.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *