Marak Tambang Galian C Ilegal di tindang Penggiat Dan Warga Bertanya Mampuka Aph Gowa Tuntaskan ini

SulSel/Gowa—Sorottipikor.com
Aktivitas tambang galian C tak berizin di kabupaten Gowa yang  salah satu di desaTindang terus menjadi momok yang cukup meresahkan bagi kalangan masyarakat Bonsel , Selain itu tambang galian C sangat  di persoalankan dimana ber dampak lingkungan yang cukup parah contohnya jalan rusak, lahan yang aktif di sekitar lokasi tambang galian C gagal panen, aktivitas pertambangan juga rawan menyebabkan penyakit pernapasan bagi warga sekitar akibat debu yang ditimbulkan.

Seperti yang terjadi di Desa Tindang Kecamatan Bontonompo Selatan kabupaten Gowa Dengan dalih percetakan sawah, para petambang liar C dengan bebasnya beroperasi melakukan aktivitas pengerukan untuk menambang tanah dan pasir alasan percetakan sawah.

Berdasarkan pantauan LSM dan awak media Newstv dan Responden News setidaknya terdapat tiga alat berat yang beroperasi di dalam satu titik lokasi tambang galian C di desa tindang tersebut.

17/10/2023., Masyarakat  yang tidak mau di sebut namanya., menjelaskan bahwa sudah lama tambang galian C itu beroperasi yang sangat diresahkan oleh masyarakat adanya keberadaan tambang tersebut.

Lanjut.” Sementara pemerintah Desa tindang juga  tidak bisa berbuat apa-apa atas kegiatan yang diduga ilegal tersebut yang dimana tambang galian C itu diduga APH tutup mata.

Disisi lain, Aliansi pemantau kinerja aparatur negara Republik Indonesia (APKAN RI)  yang ditemui wartawan di alun alun Makkatang, mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan upaya untuk memastikan tambang di desa tindang dapat segera dihentikan jika memang tak berizin yang di duga pihak APH   dan penambang ada kerja sama

” Kita akan lakukan upaya untuk menghentikan aktivitas tambang di desa Tindang jika memang tak mengantongi izin. Termasuk menemui aparat penegak hukum untuk memastikan respon institusi terkait keberadaan tambang di desa Tindang…” Ungkap Nompo (17/10/2023)

Tim Media Masih Menunggu Konfirmasi Dari APH Gowa tentang Tindakan yang tegas Dan Beberapa Pihak Terkait Tambang Galian C di desa Tindang.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *