Miris Pembangunan SDN I Patapan Jadi Beban Orangtua Siswa

Cirebon,– Sorot Tipikor //
SDN I Patapan Kecamatan Beber Kabupaten Cirebon Diduga bebankan pembangunan Wc kepada orang tua siswa sebesar 100 ribu setiap Siswa dari kelas I sampai kelas VI yang berjumlah 164 siswa.

Dugaan sumbangan yang membebankan tersebut terungkap setelah adanya Orang tua Siswa yang mengeluhkan kepada Media, Rabu (13/09/23).

“Kita merasa keberatan adanya pungutan sebesar 100 ribu yang katanya buat pembangunan WC sekolah, padahal sebelumnya pihak sekolah sudah mendapatkan bantuan pembangunan WC dari musrembang,” ucap Orang tua siswa yang tidak menyebutkan namanya.

Atas keluhan orang tua siswa tersebut, Awak media mencoba mengkonfirmasi terkait Dugaan Pungutan tersebut kepada pihak SDN I Patapan.

Kepala SDN I Patapan, Sri Rahayu, SPd kepada awak media mengatakan, awalnya kita sangat butuh fasilitas WC buat siswa yang keadaan bangunannya sudah rusak kepada pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon yaitu kepada Arif bagian Sarpras, kata Pak Arif silahkan berdayakan Komite Sekolah untuk mencari anggaran kepada Orang Tua siswa, karena pengajuan ke Disdik saat ini sudah ditutup dan kalau di ajukan pun baru bisa di ACC pada tahun anggaran 2025. Ucap Kepala Sekolah menirukan ucapan dari sarpras Disdik Kabupaten Cirebon.

“Dari situlah kami pihak sekolah mengajukan kepada Komite sekolah untuk dirapatkan terkait perbaikan WC tersebut dan di dapatlah 100 ribu per siswa dari kelas 1 sampai kelas 6,” papar Sri.

Pembayaran juga melalui bendahara Komite Sekolah dan pihak sekolah tidak tahu menahu terkait dananya. Tutur Sri

Sementara itu Komite Sekolah SDN I Patapan, Jaelani mengungkapkan, uang baru terkumpul sebesar 2,5 JT sudah di berikan material,” ucap Komite Sekolah.

Aji salah satu awak media online mengatakan, sangat menyayangkan pihak sekolah yang membebankan pembangunan sekolah kepada orangtua siswa dan ini kali ke dua yang pernah tim temukan di SDN di kabupaten Cirebon yang mana pembangunan sekolah di bebankan kepada orangtua siswa,” terangnya.

Pewarta : Suripto.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *