Gelar Pelatihan Tanggap Bencana BPBD Libatkan Aparat Desa Daerah Rawan Banjir

BATULICIN,Sorottipikor.com – Cuaca di Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan sedang kurang bersahabat, hujan dan angin kencang masih melanda.

Menanggapi itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu, menggelar pelatihan tanggap darurat dengan melibatkan aparat desa.

Kegiatan pelatihan tersebut dilaksankan selama 4 hari dari Kamis hingga minggu (20-23/7/2023), dengan melibatkan intsruktur dari Basarnas, Kodim 1022, Polres dan BPBD Provinsi Kalsel.

Pelatihan tersebut dibuka secara langsung oleh Staf Ahli bupati, H Mukhlis di halaman kantor BPBD Tanah Bumbu, Kamis (20/7/2023) pagi.

Menurut Mukhlis, di Tanah Bumbu saat ini cuaca tidak menentu, sehingga harus selalu sigap dalam melaksanakan tugas, terutama BPBD sebagai garda terdepan.

Ketika terjadi bencana, kata Mukhlis maka BPBD yang terdepan untuk tanggap bencana pertolongan pertama sehingga bekal teknik menghadapi bencana dimiliki melalui pelatihan ini.

” Peserta yang ikut pelatihan diharapkan bisa mengikuti kegiatan itu dengan baik dan bisa menghasilkan relawan yang tangguh, ” katanya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Tanah Bumbu, Sulhadi, menyebutkan kegiatan pelatihan ini dalam rangka mitigasi dan kesiapsiagaan para teman relawan, seandainya terjadi bencana mereka sudah siap menghadapinya.

” Cuaca kita lihat saat ini hujan terus dan kita laksanakan pelatihan ini sebagai pembekalan kepada relawan dengan melibatkan aparat desa tiga kecamatan daerah rawan banjir,” katanya.

Selama pelatihan, mereka dilatih untuk penanganan awal dan peserta melaksanakan pertolongan pertama dalam peristiwa kebencanaan.

” Setiap desa, kami tempatkan orang-orang yang sudah paham terutama didaerah rawan banjir seperti bantaran sungai, ” katanya.

Banjir saat ini merupakan bencana yang paling rawan dan tahap pertama ini melibatkan aparat desa yang menangani kebencanaan ditiga kecamatan yaitu Batulicin, Kusan Tengah dan Kusan Hilir.

” Kita akui untuk Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru, memang berbeda dengan 13 Kabupaten Kota di Kalimantan Selatan. Cuaca ditempat kita masih belum aman. Makanya kita adakan pelatihan agar selalu siap, ” pungkasnya.

Sekadar diketahui, kegiatan juga dihadiri perwakilan Kodim 1022, Polres, Satpol PP dan Lurah Batulicin.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *