Komisi V DPR RI Kunker Spesifik di BUMDES Desa Ciawigajah Terlihat Perekonomian Desa Mulai Tumbuh

Cirebon, – Sorot Tipikor //
Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Desa Ciawigajah mendapat kunjungan kerja Komisi V DPR RI, Selasa (11/07/23) yang bertempat di Kantor Balai Desa Ciawigajah.

Hadir dalam acara tersebut, rombongan Komisi V DPR RI, Wakil Bupati Cirebon, Kuwu Ciawigajah, Camat Beber, Kadis BPMD juga tamu undangan lainnya.

“Hari ini DPR RI Komisi V mengadakan kunjungan spesifik ke Desa Ciawigajah Cirebon, agenda kita hari ini melihat perkembangan mengenai keberadaan badan usaha milik desa (BUMDES),” ucap Drs.Hamka B.Kady.MS anggota DPR RI Komisi V dari Fraksi Golkar.

Kenapa hal itu penting, karena kami berharap dengan kebijakan mengembangkan ekonomi melalui BUMDES itu dapat meningkatkan perekonomian Desa.

Kita tahu bahwa Desa adalah tumpuan segala-galanya, Desa merupakan Pemerintah terdepan untuk melayani rakyat, oleh karena itu Pemerintah harus hadir setiap saat di dalam memecahkan persoalan-persoalan baik ekonomi, sosial maupun pembangunan yang lain-lain.

Khusus mengenai BUMDES, saya melihat dan untuk kedua kalinya saya ikut kunjungan kerja dengan agenda yang sama mengenai Bumdes, dua-duanya ini menggambarkan bahwa perekonomian Desa itu mulai tumbuh.

“Kalau semua Desa di seluruh republik Indonesia sama dengan apa yang saya kunjungi dengan teman-teman, maka saya yakin dan percaya pertumbuhan ekonomi Nasional yang bertumpu pada pertumbuhan ekonomi Desa itu dapat meningkat secara besar,” tuturnya.

Oleh karena itu saya hanya ingin mewanti-wanti , saya ingin memesankan kepada seluruh aparat terutama Pemerintahan Desa di bawah koordinasi Bupati harus benar-benar mengawasi pelaksanaan atau eksistensi dari pada Badan usaha milik Desa, jangan sampai hanya sekedar simbol, tidak ada manfaat untuk pembangunan ekonomi Desa dan tidak ada manfaat untuk peningkatan pendapatan masyarakat Desa itu sendiri.

Harapannya adalah munculnya kegiatan-kegiatan ekonomi Desa dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Desa, dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat di Desa itu dan pada akhirnya tentu Negara Republik Indonesiaenjadi sejahtera dan maju.

Haji Dedi Wahidi.SPd anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PKB juga berharap, bahwa Desa Ciawigajah kedepan semakin maju dan Desa-Desa lainya bisa belajar study banding ke Desa yang lebih baik dan sudah sukses, penghargaan juga bisa kita lihat begitu banyak, sebagai bentuk keberhasilan dari pada Bumdes di Desa Ciawigajah ini.Tuturnya.

Semetara itu Kuwu Ciawigajah Kecamatan Beber Kabupaten Cirebon, Nunung Nurhadi menuturkan, bisnis di Bumdes ini kita selalu bermitra kepada semua lini yang sudah ada, sehingga kita tidak memonopoli semua bisnisnya.Ucap Kuwu Ciawigajah.

Reporter : Suripto.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *