Bupati Buka Pelatihan Potensi SAR dan Tekhnik Pertolongan

BATULICIN,Sorottipikor.com – Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar membuka secara resmi pelatihan potensial Search And Rescue (SAR) teknik pertolongan di permukaan air, Senin (19/6/2023) di Hotel Medina Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir.

Pelatihan dilaksanakan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin, 19-25 Juni 2023 di Kabupaten Tanah Bumbu.

Menurut Kepala Seksi Sumber Daya Basarnas Banjarmasin, Dedi Youke Gosal, peserta pelatihan sebanyak 50 orang yang terdiri dari berbagai instansi terkait terutama putra Tanah Bumbu.

Tujuan diadakannya potensi pelatihan SAR ini yakni memberikan pengetahuan dan peningkatan keterampilan teknik pertolongan dipermukaan air kepada potensi personil sesuai standar dan prosedur pelatihan SAR .

Kemudian melatih kemampuan kerjasama dan koordinasi antara potensi dan kantor pertolongan Banjarmasin khususnya di wilayah Kalimantan Selatan.

Dalam pelaksanaan itu lanjutnya memberdayakan potensi SAR diwilayah kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin dan memberikan bekal keterampilan kepada potensi SAR tentang cara menyelamatkan diri kepada evakuasi musibah pelayaran dan musibah lainnya, serta kiat-kiat melakukan evakuasi korban.

“Disini lebih meningkatkan keperdulian masyarakat tentang masalah yang ada hubungannya dengan kemanusiaan dan juga sebagai sarana pembinaan dan pemasyarakatan SAR,” terangnya.

Direktur Bina Tenaga Pencarian Dan Pertolongan Marsekal Pertama Tarjoni berharap kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses.

Kepada para intruktur bisa memberikan pengetahuan terhadap potensi SAR sehingga para peserta dapat mengimplementasikan didalam kegiatan, baik itu pelaksanaan SAR udara, laut maupun SAR darat serta pendukung bencana alam yang berkaitan dengan pencarian orang.

“Meskipun terbatas dalam mengadakan pelatihan pembekalan terhadap potensi SAR ini, diharapkan pula bisa membantu pelaksanaan SAR apabila benar-benar terjadi musibah,” paparnya.

Dalam sambutannya, Bupati Tanah Bumbu H.M. Zairullah Azhar sangat mendukung adanya pelatihan yang dilakukan oleh tim SAR dari Banjarmasin. Mengingat di Tanah Bumbu tak jarang terjadi yang namanya bencana alam seperti kebanjiran dan kebakaran. Terutama daerah yang lokasinya memang berada di bantaran sungai di beberapa Kecamatan. Sementara jika debet airnya meningkat maka dipastikan rumah warga setempat dipastikan tergenang.

“Bahkan waktu saya menjadi Bupati pertama disini, banjir saat itu luar biasa melanda Tanah Bumbu, hampir 1/6 Tanah Bumbu tenggelam dan ketinggian airnya tidak tanggung-tanggung,” jelasnya.

Untuk memperkuat tim SAR tersebut Bupati berencana memasukan anggaran pelatihan itu agar kedepan bisa melakukan pelatihan lagi.

“Tolong dirancang berapa anggaran pelatihannya dan kami siap untuk melaksanakan kegiatan yang sama pada akan datang. Semoga pihak Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin berkenan. Atas nama Pemerintah Daerah menyampaikan rasa hormat dan terimakasih,” tutup Bupati.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *