Memperingati Hari Lahir Pancasila Kepala Staf Kodim 1311/Morowali Ajak Seluruh Prajurit Dan Masyarakat Untuk Menghidupkan Pancasila.

Morowali, Sulteng,-Sorot Tipikor //

Dalam suasana yang penuh khidmat dan semangat, Kodim 1311/Morowali menggelar upacara  peringatan  hari  kelahiran Pancasila secara spektakuler  yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf Kodim 1311/Morowali, Mayor Inf David M. Lunta.upacara berlangsung kamis 01 Juni 2023 dengan megah di halaman Makodim 1311/Morowali Dengan tema “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”, upacara peringatan hari lahirnya Pancasila  tersebut mengajak seluruh peserta untuk merenung dan mengapresiasi nilai-nilai Pancasila sebagai dasar Negara.

Dalam amanatnya Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., mengingatkan bahwa Pancasila merupakan dasar Negara dan landasan ideologi yang mempersatukan seluruh bangsa Indonesia. Pancasila membawa nilai-nilai luhur yang telah menjadi pondasi kehidupan berbangsa sejak Soekarno memperkenalkannya pada 1 Juni 1945.

Lanjut Panglima TNI,Setelah melalui proses diskusi yang mendalam, para founding fathers dengan sepenuh hati menetapkan Pancasila sebagai dasar Negara yang sah dan memasukkannya dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Peringatan Hari Kelahiran Pancasila menjadi waktu yang tepat untuk mengenang, menghormati, dan menghargai perjuangan mereka dalam merumuskan dasar negara Indonesia. Sebagai generasi penerus, kita memiliki tanggung jawab besar untuk memahami dan menerapkan Pancasila sebagai dasar Negara dan panduan dalam kehidupan bermasyarakat.
Panglima TNI Menerangkan,Sebagai prajurit TNI, kebersamaan dan kekuatan bangsa terletak pada keimanan kita terhadap Pancasila sebagai alat pemersatu. Nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong yang terkandung dalam Pancasila telah berhasil menggabungkan keberagaman yang ada di Nusantara menjadi identitas nasional yang kokoh dan kuat.

Pidato yang penuh inspirasi, Mayor Inf David M. Lunta mengajak seluruh prajurit dan masyarakat untuk menghidupkan Pancasila dalam setiap aspek kehidupan sehari-hari. Ia menekankan pentingnya semangat gotong royong dan kerjasama yang tercermin dalam Pancasila sebagai kunci untuk mencapai kemajuan peradaban dan pertumbuhan global yang berkelanjutan.

Mayor Ingat David M.Lunta mengatakan,
Peringatan Hari Kelahiran Pancasila juga menjadi momentum untuk merefleksikan komitmen kita dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila, kita dapat menjaga harmoni dalam keragaman dan membangun Indonesia yang kuat, adil, dan sejahtera bagi seluruh rakyat.

Dengan semangat yang membara, prajurit TNI dan seluruh peserta upacara berkomitmen untuk senantiasa menghormati dan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila sebagai panduan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai warga  Negara Indonesia. Melalui kebersamaan dan kesatuan, kita akan terus bergerak maju menuju peradaban dan pertumbuhan global yang gemilang.Pungkasnya (Yasin)

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *