Kuliner Sate Maranggi Hj, Yetty Dibanjiri Ratusan Ribu Wisatawan Lebaran

Purwakarta,–Sorot Tipikor //
Kerja keras Pemerintah Kabupaten Purwakarta mempersiapkan berbagai jenis destinasi wisata untuk menangkap peluang besar potensi ekonomi selama lebaran 2023 sukses membuahkan hasil.

Ratusan ribu wisatawan dari berbagai daerah bisa sukses terjaring untuk berlibur lebaran. Dampaknya, rupiah dalam jumlah besar tentu mengalir mengisi pundi-pundi para pelaku usaha wisata sekaligus menggerakan roda ekonomi daerah.

Data dari Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Purwakarta menyebutkan, 263.253 wisatawan datang ke berbagai jenis destinasi wisata di Purwakarta. Dari jumlah itu, destinasi wisata kuliner Sate Maranggi Hj. Yetty menjadi juaranya.

Destinasi wisata kuliner yang menyajikan sate khas Purwakarta yang melegenda itu dikunjungi 68.781 wisatawan atau lebih dari 26 persen total wisatawan yang datang ke Purwakarta.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, jumah wisatawan yang datang ke Purwakarta pada lebaran 2023 ini jauh lebih besar dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 200 ribuan wisatawan.

“Peningkatan jumlah wisatawan yang datang ke Purwakarta selama libur lebaran merupakan hasil kerja keras yang kita persiapkan dengan matang. Peningkatan ini membuktikan Purwakarta berada dalam jalur yang tepat dalam membangun sektor industri pariwisatanya,” Bupati Ane Ratna Mustika, Rabu 10 Mei 2023.

Meski belum ada angka resmi yang disampaikan Pemkab Purwakarta, namun bisa dipastikan kunjungan ratusan ribu wisatawan itu menghasilkan pendapatan dalam jumlah besar.

Jika satu wisatawan membelanjakan Rp. 100 ribu saja selama berwisata ke Purwakarta, maka bisa diperoleh penerimaan sedikitnya Rp 26,3 milyar. Itu dana yang cukup besar yang bisa mengalir kepada para pelaku usaha sektor pariwisata di Purwakarta.

“Jumlah persisnya saya belum tahu. Karena penerimaan dari sektor pariwisata selama lebaran tentu masih dikalkulasi dengan cermat oleh dinas terkait. Namun yang pasti, saya sangat bersyukur bila penerimaan dari belanja para wisatawan itu bisa mengalir ke masyarakat pelaku usaha, khususnya para pelaku usaha dari UMKM,” kata Bupati Anne.

Pada kesempatan itu, Bupati perempuan pertama di Purwakarta itu memberikan apresiasi kepada jajaran Pemkab Purwakarta dan instansi terkait seperti TNI dan Polri, yang telah berhasil meningkatkan kunjungan wisatawan ke Purwakarta dengan aman dan nyaman.

“Secara khusus saya mengapresiasi Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Purwakarta dan TNI-Polri serta instansi lainnya yang telah bekerja sangat keras dalam mempersiapkan semua potensi wisata dengan sangat baik. Kinerja yang luar biasa ini harus bisa dipertahankan sehingga semua wisatawan dan para pelaku usaha bisa terlayani dengan baik,” kata Bupati Anne.

Destinasi Favorit Wisatawan

Sementara itu, Kepala Disporaparbud Purwakarta Mochamad Ramdhan mengatakan, 263.253 wisatawan lebaran itu datang memadati berbagai destinasi wisata antara 23-30 April 2023.

“Puncak kunjungan tertinggi tercatat pada 24 April yang mencapai 53.084 wisatawan. Sementara kunjungan terendah tercatat pada 27 April yakni 12.962 wisatawan,” ujar Ramdhan.

Tiga destinasi wisata favorit yang paling banyak dikunjungi adalah wisata kuliner Sate Maranggi Hj. Yetty dengan jumlah mencapai 68.781 wisatawan. Diikuti destinasi wisata Taman Batu Cijanun dengan jumlah 29.636 wisatawan dan destinasi wisata Cikao Park dengan jumlah 20.329 wisatawan.

“Kedepan kita ingin semua destinasi wisata di Purwakarta juga semakin meningkat kunjungan wisatawannya. Kita akan terus benahi sehingga semua destinasi wisata menjadi tujuan favorit para wisatawan yang datang dari berbagai daerah,” ujar Ramdhan.

Secara khusus Mochamad Ramdan juga menyambut baik apresiasi dari Bupati Anne Ratna Mustika, Menurutnya, apresiasi dari orang nomor satu di Purwakarta itu merupakan kebanggaan bagi seluruh jajaran Disporaparbud Purwakarta.

“Apresiasi itu adalah energi bagi jajaran Disporaparbud Purwakarta untuk terus bekerja keras melayani masyarakat, khususnya membangun pariwisata Purwakarta lebih baik lagi,” kata Ramdhan,

Menurut Ramdhan, tingginya kunjungan wisatawan ke Purwakata tak lepas dari langkah Bupati yang ikut terjun langsung mempromosikan keindahan dan daya tarik berbagai destinasi wisata.

“Sektor pariwisata merupakan salah satu fokus utama Ibu Bupati, karena sektor pariwisata bersentuhan langsung dengan para pelaku UMKM dan masyarakat sekitar. Jika wisatawan membludak, ekonomi juga akan berputar disana, dan itu berdampak positif bagi perekonomian daerah,” ujar Ramdhan,

Seperti diberitakan sebelumnya, menyambut lebaran 2023, Kabupaten Purwakarta dipastikan menjadi salah satu daerah tujuan wisata alternatif favorit bagi jutaan pemudik yang akan masuk maupun melintasi Jawa Barat.

Hal ini bukan tanpa alasan, karena Purwakarta memiliki begitu banyak destinasi wisata yang indah dan menarik, juga sangat mudah diakses oleh para pemudik karena posisinya sangat strategis.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, demikian banyak destinasi wisata terdapat di Purwakarta, baik untuk keluarga, para pecinta alam, penikmat makanan atau bahkan untuk para pecinta wisata religi.

“Destinasi wisata Purwakarta terus bersolek mempercantik diri, itu tentu akan sangat memikat para pemudik yang masuk maupun melintasi Purwakarta menuju daerah lain di Pulau Jawa,” kata Bupati Anne.

Kabupaten Purwakarta yang posisinya sangat srategis diperlintasan utama jalur transportasi Jawa Barat itu tercatat memiliki 62 destinasi wisata, 30 diantaranya merupakan wisata alam dan buatan. Sedangkan selebihnya meliputi wisata kuliner, wisata religi dan wisata edukasi.

Pewarta : Ramaldi.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *