DPRD Tanbu Gelar Rapat Gabungan Dewan Bersama KPUD

Tanah bumbu,sorottipikor.com l

— DPRD Kabupaten Tanah Bumbu gelar Rapat Gabungan Dewan bersama KPUD Kabupaten Tanah Bumbu, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik dan Bagian Pemerintahan Setda terkait Persiapan Pemilu.
Rapat yang kali ini dibuka oleh Andi Erwin Prasetya, anggota Komisi I ini dilaksanakan di Ruang Rapat Komisi pada Rabu (8/2/23).

Makhruri, S.E, M.I.P selaku Ketua KPU Kabupaten Tanah Bumbu memaparkan banyak hal terkaitan persiapan Pemilu yang akan dihadapi 2024 mendatang. Salah satu yang dibahasnya ialah hanya 16 dari 18 partai politik yang lolos kualifikasi untuk mengajukan partainya di Pemilu 2024 mendatang. Sedangkan terdapat 2 partai politik yang tidak masuk dalam kualifikasi diatas, yaitu Partai PBB dan Partai PKM. Hingga tersisa 16 partai politik namun belum dipastikan apakah semuanya akan mendaftar.

Disimpulkan bahwa Pemilu 2024 akan ditetapkan sama seperti Pemilu 2019 yang lalu, wilayah Dapil tidak berubah hanya nama yang berubah dikarenakan terdapat dua kecamatan baru. Untuk formasi kursi pun masih sama seperti periode yang lalu, yaitu 11 8 8.
Terhitung sekitar 337.170 jumlah penduduk Kabupaten Tanah Bumbu, hal ini mengalami kemajuan sepuluh ribu lebih banyak daripada jumlah penduduk dari tahun-tahun sebelumnya, namun hal tersebut tetap tidak mempengaruhi jumlah formasi kursi yang ada. Hal ini berarti bahwa seorang dewan harusnya menyuarakan kurang lebih dari sembilan ribu penduduk yang ada di Tanah Bumbu.

Setelah membahas banyak hal mengenai persiapan Pemilu 2024, terbitlah sebuah harapan terkait masalah honor linmas, sarana dan prasarana yang akan menjadi perhatian apa saja yang dibutuhkan oleh BPS hingga KPU Kabupaten Tanah Bumbu. Semoga hal ini dapat diakomodir oleh DPRD Tanah Bumbu yang akan membawa pembahasan anggaran di Kelurahan.(Team )

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *