Peletakan Batu Pertama Pembangunan Smelter Terintegrasi PT Vale Dan BNSI Di Morowali.

 

Morowali,Sulteng,-Sorot Tipikor //
Peletakan batu pertama pembangunan Smelter Terintegrasi  PT.Vale dan PT.Bahodopi Nickel Smelting Indonesia(BNSI )Jum’at(10/2) oleh Mentri Perekonomian Dr. Ir. Airlangga Hartarto M.B.A., M.M. di Desa Sambalagi Kecamatan Bungku Pesisir Kabupaten Morowali Prov.SulawesiTengah(Sulteng).
Acara ini turut dihadiri  Menteri Perindustrian, Sugeng Suparwoto  Ketua Komidi VII DPR RI, Drs. Muktharuddin  Anggota Komisi VII DPR RI, Febriani Eddi  CEO President Director PT. Vale, Desh Nee Naido President Comisaris PT. Vale, Chairman Wang Welong Xinhai  Dirut utama PT. ATI, Dito Ganinduto Anggota DPR RI,  Irfan Wahid Tim Ahli Menko, Jasman N Panjaitan  Staf Khusus menteri, Lamhot Sinaga  Anggota Komisi VII DPR RI,  Gubernur Sulteng H.Rusdy Mastura, Wakil Ketua DPRD Sulteng H. Mohammad Arus Abdul Marim,  Kepala BIN   Brigjen TN Ambran Dahlan, Drs Taslim Bupati Morowali,Wakil Bupati Morowi H.Najamidin,Sekda Morowali , Letkol Inf Constatinus Rusmanto,S.sos, M. Sc Dandim 1311 / Morowali ,Kapolres Morowali AKBP Supriyanto S.I.k. MH dan Direktur PT. Anugrah Tambang Industri.
Selain itu dihadiri para Kepala Desa bersama jajarannya ,toko Agama ,toko pemuda dan para undangan Lainnya.
Dalam sambutannya Bupati Morowali Drs.H.Taslim Atas nama Pemerintah Morowali dan Masyarakat  terkhusus masyarakat desa Sambalagi mengucapkan terimakasih yang setinggi tingginya kepada menteri perekonomian , manteri perindustrian bersama rombongan yang telah berkenan menyampatkan diri hadir ditempat ini dalam rangka peletakan batu pertama pembangunan kawasan Industri di Desa Sambalagi.
Ini semakin  menyakinkan kami dan Masyarakat bahwa hari ini apa yang menjadi impian kami Alhamdulillah sudah didepan mata,maka cita cita kami Visi Misi kami sejehtera bersama insya Allah akan tercapai secara bersama-sama.kata Taslim

Sementara itu Directur PT. Vale Febriany Eddy , dihadapan para undangan Mengatakan,Perusahaan PT. Vale menyambut satu lagi proyek pengembangan di Indonesia yaitu pengembangan Blok Bahodopi pada dua lokasi di Kabupaten Morowali sulawesi tengah proyek pembangunan dan pengelolaan Nikel terintegrasi dengan nilai investasi sekitar 37 Triliun.

Kata Febriany , Kami berkomitmen untuk membawa praktik operasi terbaik kami dari sorowako ke proyek perluasan ini, pada bidang lingkungan ( enviroment) IGP morowali akan melaksanakan praktik pertambangan yang baik seperti yang terlaksana di sorowako.
“Proses perekrutan kami  akan tetap berpegang teguh pada komitmen Diversity, Equity dan inclusion proyek ini akan menyerap hingga 15 Ribu tenaga kerja pada fase konstruksi, kami juga akan mengoptimalkan melibatkan pengusaha lokal di site Morowali.terang Febriany

Ditempat yang sama Gubernur Prov Sulteng  H. Rusdi Mastura dalam sambutannya menyatakan atas nama pemerintah provinsi Sulawesi Tengah,memberikan   dukungan dengan harapan pembangunan pabrik smelter terintegrasi di Desa Sambalagi  yang dibangun PT Vale dan BNSI dapat terselesaikan dengan tepat sesuai waktu yang sudah direncanakan.Insya Allah akan memberikan dampak kesejahteraan bagi Bangsa dan Negara terkhusus Masyarakat Sulawesi Tengah dan  Masyarakat Morowali.
Selaku Pemerintah Prov.Sulteng dan Masyarakat Sulawesi tengah  mengucapkan terimakasih kepada perusahaan PT Vale dan BNSI yang telah  berinvestasi di wilayah Provinsi sulawesi tengah.jelasnya
Sementara Menteri Perekonomian Dr.Ir.Airlangga Hartarto dalam kesempatannya mengatakan Project ini adalah Project strategis Nasional,dengan harapan pemerintah dan Forkopimda untuk bantu menjaga keamanan dan keselamatan Project sehingga jauh dari Konflik Horisontal antara Masyarakat dan pekerja .
Airlangga Hartarto menyebutkan Pembangunan Pabrik di desa Sambalagi merupakan pabrik pertama di Dunia yang mengunakan teknologi canggih dengan Penambangan dan pengolahan Nickel rendah karbon terintegrasi  sehingga Lingkungan menjadi lebih baik.

Peletakan batu pertama pembangunan Smelter ini saya berharap  ikuti dengan batu-batu berikutnya insya Allah bisa diselesaikan dalam kurun waktu dua tahun setengah sesuai dengan target yang telah ditentukan.imbuh Airlangga Hartarto.
Dalam sambutannya Airlangga Hartarto juga menghimbau kepada pemuda dan pemudi sulawesi Tengah terkhusus pemuda pemudi Morowali untuk ikut dalam pendidikan sehingga pada saatnya anak anak mudah disekitar bisa bekerja di perusahaan yang saat ini akan dibangun.sambungnya(Yasin)

 

 

 

 

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *