Dinkes Tanbu Antisipasi Guna Menurunkan Kasus DBD

Tanah Bumbu,sorottipikor.com l

-Pemerintah Kabupaten Tanah bumbu, melalui Dinas Kesehatan mengatakan sebanyak,20 orang di Kabupaten Tanah Bumbu terserang penyakit demam berdarah dengue (DBD) dari awal hingga penghujung Januari 2023.

Dijelaskan bahwa sebelumnya, pada awal Januari terdapat 10 orang dan pada penghujung mengalami kenaikan 10 orang, ujar Kepala Dinas Kesehatan H. Setia Budi, kepada Wartawan 1/02/23.

Dikatakan Setia Budi, diharapkan langkah-langkah dalam antisipasi DBD pada musim hujan, untuk menekan angka kenaikan jumlah orang yang terserang akibat sengatan nyamuk tersebut, ungkapnya
Sebagai langkah pertama yang kita lakukan adalah dengan meningkatkan promosi dan advokasi ke pimpinan desa, RT, dan masyarakat terkait pelaksanaan pemberantasan sarang nyamuk (PSN), jelasnya.

Sehingga langkah kedua meningkatkan kewaspadaan dan antisipasi melalui kerjasama dengan klinik swasta, klinik perusahaan, dan praktek mandiri untuk segera melaporkan kasus demam dan dapat segera diskrining (sebagai antisipasi fase kritis yang terlambat ditangani).

Selanjutnya, langkah ketiga dengan membuat gerakan PSN serentak dan berkelanjutan di setiap desa, keempat membagikan bubuk abate dimasyarakat, dan kelima mengaktifkan kader jumantik melalui desa, ujar Setia Budi.

Sedangkan langkah-langkah yang dilakukan pemerintah daerah dalam hal ini Dinkes sendiri, dengan melakukan rapat koordinasi dengan seluruh kepala PKM (pusat kesehatan masyarakat) untuk kewaspadaan peningkatan kasus DBD dimusim hujan.

Lanjutnya, bahwa dengan berkoordinasi pada lintas program dengan Seksi Promkes, untuk melakukan himbauan kegiatan PSN di semua Puskesmas, Media Elektronik seperti radio pemerintah dan swasta, serta membuat spanduk tentang kewaspadaan DBD dan PSN.

Selain itu, jelasnya, juga melakukan himbauan melalui Puskesmas untuk melakukan siaran keliling dan di tempat-tempat ibadah. Dengan melakukan gerakan PSN serentak dan melaksanakan PE (penyelidikan epidemiologi) setiap ada laporan kasus DBD dan berkoordinasi dengan pihak rumah sakit untuk memonitor kasus peningkatan DBD.

Semoga dengan adanya langkah dan antisipasi terhadap kasus DBD pada musim hujan tahun ini bisa menekan lebih banyak peningkatan kasus tersebut kedepannya, uangkap Setia Budi.
(Hmd/tim)

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *