Pemkab Tanbu Akan Perbaiki Siring Pantai Kubah Pagatan Akibat Terjangan Ombak

Tanah bumbu,sorottipikor.com l

– Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Tanah bumbu berupaya memperbaiki Siring Pantai Kubah Pagatan yang rusak berat akibat terjangan ombak besar akhir 2022 yang lalu.

Mengingat, tempat tersebut merupakan pusat wisata religi yang sering dikunjungi para peziarah baik dari dalam maupun dari luar daerah. Kabupaten Tanbu, Kalsel.

Kepala Disporapar Kabupaten Tanbu, Hamaludin Tahir mengatakan kepada media, kerusakan ini akan dilakukan perbaikan dan pengusulan penambahan pemecah ombak”ujarnya kepada awak media Senin,01/02/2023

“Siring fondasinya rusak parah dan menggantung, hingga akhirnya hampir ambruk. Sekarang, kami melakukan penataan kembal” Ujarnya

Kawasan Kubah Pagatan selalu ramai dikunjungi peziarah dari dalam dan luar Kabupaten Tanbu. Bahkan hingga luar Provinsi Kalsel.

Tahun ini, lanjut Hamalluddin memang Kubah Pagatan menjadi fokus perbaikan. Karenanya, dilakukan penataan area hingga bentuk kubahnya.

“Kami fokus ke Penataan Kubah Pagatan. Hanya itu saja untuk tahun ini,” ungkap Hamaludin Tahir.

Kubah pagatan ini juga akan dikonsep seperti Masjid Madinah. Tahun ini dikerjakan sesuai dengan arahan Bupati Tanbu dr.H. Zairullah Azhar.

“Kawasan Pagatan ini memang dianggap stratrgis karena lokasinya di pinggir pantai. Sehingga, pengunjung atau peziarah bisa sambil berwisata religi dan sekaligus berwisata pantai, ” katanya.

Diketahui, Kubah Pagatan adalah makam keturunan atau zuriah dari Datuk Kelampayan atau KH Muhammad Arsyad Al Banjari. (Team )

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *