Pemilihan Kades Antar Waktu Desa Gandasoli Kecamatan Plered Berjalan Kondusip.

Purwakarta,– Sorot Tipikor //
Musyawarah Desa dalam rangka pemilihan Kepala Desa antar waktu yang di gelar sabtu 24/12/22 sukses di laksanakan di aula kantor Desa Gandasoli Kecamatan Plered kabupaten Purwakarta.

Berdasarkan perda Nomor 2 tahun 2015 tentang Kepala Desa Pemilihan Kepala Desa antar waktu dilaksanakan apabila Kepala Desa yang menjabat berhenti sebelum akhir masa jabatan.

Dan sisa masa jabatannya lebih dari satu tahun sejak di berlakukannya regulasi baru tentang Desa.

Berbeda dengan Pilkades reguler yang diikuti oleh semua warga Desa yang memiliki hak pilih, maka Pilkades antar waktu dilaksanakan melalui mekanisme Musyawarah Desa yang di ikuti oleh aparat Pemerintahan Desa, Bamusdes, dan Perwakilan Unsur Masyarakat.

Beberapa perbedaan lainnya antara lain pelaksanaan penetapan calon yang berhak dipilih, pengundian nomer urut calon yang berhak dipilih, pengundian nomor urut Calon dan penyampaian visi misi dilakukan pada hari pelaksanaan musyawarah Desa.

Kepala Desa hasil Pemilihan Antar Waktu melaksanakan tugas Kepala Desa sampai habis sisa masa jabatan Kepala Desa yang berhenti.

Secara garis besar susunan musyawarah Desa dimulai dengan registrasi peserta Musdes, dilanjutkan dengan pembacaan tata tertib Musdes penetapan peserta Musdes yang memiliki hak pilih, pengesahan calon yang berhak dipilih pengesahan mekanisme Musdes yaitu melalui Musyawarah mufakat atau Pemungutan suara.

Pengundian nomer urut penyampaian visi dan misi, pelaksanaan pemungutan suara, penghitungan suara, pelaporan hasil pemilihan dan pengesahan Calon terpilih.

Untuk Desa Gandasoli sendiri di ikuti oleh tiga Calon, berikut perolehan suaranya yaitu :
– nomor 1 : DUDUNG
yang memperoleh
19 suara

– nomer 2 : DUDUN
JUNAEDI
memperoleh suara 33 suara

– nomor 3 : ASEP
MULYANA
dengan 31 suara
Sehingga total 83 suara.

Dengan demikian karena unggul dalam perolehan suara, DUDUN JUNAEDI di tetapkan sebagai Kepala Desa.

Untuk memantau Pelaksanaannya acara tersebut di hadiri Perwakilan dari Dinas DPMD, Camat beserta unsur Muspika dan Aparatur Pemerintahan Desa.

Pewarta : D@d@n S.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *