Warga Dusun Sungai Tunggak SK 1 Gotong Royong Membangun Jalan Sepanjang 2km Secara Swadaya.

Rokan Hilir,– Sorot Tipikor //
Semangat gotong royong dengan kerja bakti bersama di tengah masyarakat sudah jarang ditemukan. Namun tidak begitu bagi warga dusun sungai Tunggak SK 1 Desa Teluk Piyai Kecamatan Kubu Kabupaten Rokan Hilir.

Di daerah ini, kaum pemuda dan orang tua tampak bersama-sama ikut bergabung melakukan gotong royong membangun jalan dari simpang jalan P.U menuju jalan SK 1 dalam yang kurang lebih 2 km dengan menimbun batu krikil yang di danai oleh masyarakat dengan cara menginfaqkankan beberapa pohon kelapa sawet untuk di panen buahnya secara sukarela tanpa ada paksaan.Kegiatan pengutipan infaq sawet ini sudah berjalan kurang lebih selama empat tahun. Matreal berupa batu krikil di beli dengan harga Rp 2.200.000/ colt diselnya.

Sufrianto atau yang akrab disapa Sufri selaku Ketua RT 02 mengatakan, warganya memang rutin melakukan kerja bakti atau gotong royong disaat jalan sudah mulai nampak berlubang atau rusak yang diakibatkan kendaraan roda empat pengangkut hasil panen warga,apa lagi di musim penghujan yang dialami setiap tahunnya, masyarakat langsung melakukan gotong royong secara swadaya masyarakat.

“Hari ini, kerja bakti dilakukan dengan memperbaiki jalan dari simpang SK 1 menuju ke RT 03 RW 08 Dusun sungai Tunggak, Teluk Piyai ,” ungkap Sufrianto, Selasa (20/12/2022).

Ia menambahkan, sejak pagi hari masyarakat telah berkumpul melaksanakan kegiatan gotong royong, dengan membawa berbagai peralatan kerja. Sementara jalan yang dibangun memiliki panjang 2 km dan lebar 5 meter.

“Anggaran dana nya murni swadaya masyarakat SK 1 Dusun Sungai Tunggak jelas Sufrianto

Sementara Salmen, selaku sesepuh kampung memgatakan, jalan SK 1 dusun Sungai Tunggak ini memang sangat dibutuhkan warga. Menurutnya,apabila sudah musim penghujan jalan tidak di perbaiki maka,masyarakat tidak mampu lagi untuk melewati apalagi mengangkut hasil panen karena hancur total. Maka dari itu kekompakan warga masyarakat SK 1 sangat baik dan tetap kami jaga, apalagi di dukung oleh pengurus lingkungan baik kepala dusun, Ketua RW dan Ketua RT yang sangat peduli lingkungan.

“Kegiatan gotong royong ini adalah wadah pemersatu masyarakat agar tetap kompak dan guyub . Sekaligus selalu mendidik kita semua untuk mawas diri, saling peduli kepada sesama maupun lingkungan,”Dan kami selaku masyarat mengharapkan kepada pemerintah desa ataupun pemerintah daerah kabupaten Rokan Hilir berserta anggota dewan Rokan Hilir hendaknya bisa menganggarkan dana untuk pembangunan jalan di dusun kami tahun anggaran 2023 nanti. pungkasnya.

Pewarta : Surianto

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *