Sekda Tanah bumbu Starting pencanangan Kampung Keluarga Berkualitas

Tanah bumbu Kalsel,sorottipikor.com l

– Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) melaksanakan kegiatan pencanangan Kampung Keluarga yang Berkualitas di Desa Pandansari Kecamatan Karang Bintang, Senin (21/11/2022)

Kegiatan pencanangan kampung keluarga berkualitas ini dihadiri oleh Kepala dinas BKKBN provinsi kalimanatan selatan, Sekda Tanah Bumbu DR. H.Ambo Sakka, Ketua TP PKK Kabupaten, Kepala SKPD, Camat dan dan Kepala Desa.

Pencanangan Kampung keluarga berkualitas tahun 2022 ini juga bertepatan dengan peringatan hari jadi Desa Pandansari yang ke-38 Tahun .

Dalam sambutanya Kepala BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan Ir.H Ramlan mengatakan, pencanangan kampung keluarga berkualitas ini merupakan salah satu program pemerintah pusat yang dilaksanakan di seluruh provinsi kabupaten dan kota se-Indonesia.

” Pencanangan Kampung Keluarga Berkualitas merupakan pengganti dari program terdahulu yakni Kampung Keluarga Berencana,”Ungkap Kepala BKKBN Provinsi.

Adapun tujuan dari pencangan kampung keluarga berkualitas ini adalah agar semua lintas sektor berperan aktif dalam penanganan stunting yang ada diwilayah pedesaan.

Sebab ada beberapa faktor yang dapat menunjang penanganan stunting yakni, sanitasi, air bersih, lingkungan rumah yang bersih sehat,gizi yang cukup vaksin imunisasi, pemberian makanan tambahan dan pemberian vitamin dan tambah darah.

Selain itu, Ramlan mengatakan Kabupaten Tanah bumbu Kalimantan selatan mencerminkan sangat baik sekali untuk penangnan stunting, terendah dikalimantan selatan yakni diangka 15,1 persen untuk di tahun 2022 dan saya yakin kan turun menjadi 14 persen pada tahun depan,” Sebutnya

Sementara itu, Bupati Tanah Abah Dr H.M Zairullah Azhar Msc dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah DR .H. Ambo Sakka mengatakan, atas nama pemerintah daerah menyambut baik dan sangat mengapresiasi diadakannya Pencanangan Kampung Keluarga Berkualitas (KB) sekaligus Launching/ Estabishing Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT) di tingkat Desa/Kelurahan.

Karena program ini, sangat penting dan strategis sebagai bentuk Optimalisasi Penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas (KB) dengan tujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan memberdayakan serta memperkuat institusi keluarga di setiap desa/kelurahan.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Kampung KB merupakan pendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat. Program-program KB tidak hanya menekan jumlah penduduk, namun juga untuk memudahkan pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan pembangunan wilayah berwawasan kependudukan. Seperti kesehatan, pendidikan dan lingkungan.

” Ia berharap masyarakat dapat lebih mengerti arti keluarga berkualitas, sehingga program program pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat dan menyukseskan warga Desa dalam pengentasan stunting dapat berjalan dengan baik,’ Kata Sekda Tanbu.

Selain itu Pencanangan Kampung KB ini, bisa menjadi pelopor perubahan bagi Desa kelurahan lainnya dalam menjalankan program-program pencanangan kampung KB, sebagai upaya mengatasi dan mencegah stunting di Kabupaten Tanah Bumbu Kalsel

Pencanangan Kampung Keluarga Berkuliatas ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Sekretaris Daerah DR. H. Ambo Sakka dan dilanjutkan dengan pemotongan pita oleh Ketua TP PKK Tanah Bumbu Hj .Wahyu Windarti Zairullah Azhar didampingi oleh Kepala BKKBN Provinsi.

Dalam kegiatan tersebut Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu juga menyerahkan satu unit kendaraan roda 2 untuk operasional petugas penyuluh KB dan satu buah kendaraan roda 4
untuk operasional kecamatan Karang kabupaten Tanbu (Team )

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published.