Komisi II DPRD Kal-sel Kunjungi Bupati Tanah bumbu Dalam Rangka koordinasi Perpajakan

Tanah bumbu kalsel,sorottipikor.com l

Komisi II DPRD Kalimantan Selatan yang dipimpin Muhammad Yani Helmi, kunjungi Bupati di ruang Bersujud kantor Bupati Tanah Bumbu, Jumat ( 23/09/2022 ).

Kedatangan Komisi II itu terkait dengan koordinasi Perpajakan Daerah Pajak Air Permukaan (PAP) dalam rangka mengoptimalkan penerimaan pendapatan daerah, yang disambut langsung Bupati Zairullah.

Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Selatan menyampaikan apresiasi kepada pihak Pemkab Tanah Bumbu yang sudah berusaha menyambungkan keinginan semua untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah antara Pemerintah Provinsí dan Kabupaten/Kota.

Muhammad Yani Helmi mengatakan, agar potensi di sektor Pajak Air Permukaan (PAP) mampu direalisasikan secara optimal, perlu kerjasama Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk saling bahu membahu.

Lanjut hasil yang diterima oleh provinsi tersebut akan dibagi hasilkan dengan Kabupaten/Kota melalui Dana Bagi Hasil PAP dengan besaran 50% untuk Provinsi dan 50% untuk Kabupaten/Kota,” Sebutnya

Sementara itu, Bupati Tanah Bumbu HM . Zairullah Azhar mengatakan, umumnya kontribusi sektor pajak dari PAP mengalami penurunan terutama pada musim kemarau.

Hal ini seiring berkurangnya air yang tertampung dalam tanah akibat tidak terjadinya curah hujan pada bulan-bulan di luar musim penghujan.

Kontribusi PAP yang minim tentu dapat menjadi permasalahan tersendiri, terutama bagi daerah mengingat PAP merupakan salah satu jenis Pajak Daerah.

Pajak daerah dimanfaatkan oleh pemerintah daerah untuk membiayai keperluan pembangunan infrastruktur di wilayah masing-masing.

Oleh karena itu, sangat penting setiap perusahaan untuk memahami PAP dan berkontribusi dalam membangun daerah dengan tertib membayar PAP yang jadi kewajibannya. (Team )

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published.