Miris! Program PTSL Desa Citalang Tabrak Aturan SKB 3 Menteri, Ketua PWRI Meminta APH Usut Dugaan Pungli.

PURWAKARTA, – Sorot Tiipikor //
Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) diduga masih saja dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk mencari keuntungan.

Program PTSL yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo sebenarnya bertujuan untuk meringankan beban masyarakat dalam hal melegalkan hak atas tanahnya. Hal tersebut dituangkan dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri dengan biaya sebesar Rp 150 ribu.

Dengan jelas di SKB 3 Menteri sudah mengatur biaya PTSL hanya Rp 150 ribu saja. Seperti yang tertulis dalam SKB 3 Menteri angka 5 dan 6. Namun, tidak sedikit beberapa desa yang mendapatkan Program PTSL di Kabupaten Purwakarta, salah satunya di Desa Citalang, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, panitia PTSL diduga memungut biaya sebesar Rp.250 ribu hingga Rp.500 ribu bahkan lebih.

Ramaldi selaku Ketua Dewan Pimpinan Cabang Persatuan Wartawan Republik Indonesia (DPC PWRI) Kabupaten Purwakarta mengatakan, biaya tersebut tidak sedikit dikeluhkan oleh warga yang mengikuti program tersebut, meskipun tidak langsung mengungkapkan kepada pihak Pemerintahan Desa atau panitia PTSL.
Bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah, kebijakan ini tentu sangat memberatkan,” ucapnya ketika ditemui awak media di Sekretariat DPC PWRI Kabupaten Purwakarta, Jumat (23/6/2022) siang.

Ditempat terpisah Camat Purwakarta AAn saat dikonfirmasi di kantornya menjelaskan, program PTSL itu sudah ada aturannya yang tertuang dalam aturan SKB 3 Menteri jadi pungutannya tidak boleh melebihi batas 150 ribu, kalo sekarang di Desa Citalang ada pungutan lebih dari 150 ribu jelas saja itu menyalahi aturan tersebut, nanti saya coba komunikasi dulu dengan Kepala Desanya,”tutupnya

Sampai berita ini dipublikasikan pihak media mencoba beberapa kali untuk menjumpai kepala desa, sayang nya kepala desa susah untuk ditemui Tutur Ramaldi

Pewarta : Dadan s.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published.