Proyek Pembangunan Jaringan PDAM di Kecamatan Gegesik di Duga Proyek Gelap.

Kab.Cirebom, – Sorot Tipikor //
Proyek pembangunan pipa (PDAM) saluran air di 3 wilayah yaitu Desa Bayalangu Lor, Bayalangu Kidul dan Gegesik Wetan Kecamatan Gegesik Kabupaten Cirebon tepatnya di jalan Ampel Gegesik yang dikerjakan pihak rekanan diduga proyek gelap ungkap ketua Gibas kabupaten Cirebon Barnabas Sabtu 20 /8/22 di temui di lokasi proyek.

Ketua Gibas kabupaten Cirebon Barnabas mengungkapkan pada media ini , Gibas sebagain lembaga swadaya masyarakat dan tugas juga tufoksinyan sebagai sosial kontrol ya memantau keuangan negara seberapa besar uang negara yang di keluarkan dan juga sesuai tidak dengan pekerjaannya.

Lebih jauh terang ketua Gibas Barnabas apa bila ada hal yang merugikan keuangan negara dalam Pekerjaan pembangunan pipa PDAM, ia siap membuat surat dan melaporkan pada pihak berwenang.

Semestinya proyek apapun yang mengunakan uang negara memasang papan proyek Aturan tersebut sudah jelas tertera dalam UU No. 14 Tentang Keterbukaan Informasi Publik. Selain UU KIP , namun tidak nampak papan proyeknya pada pengerjaan pipa PDAM di Kecamatan Gegesik , para pekerja proyek tidak mengenakan pelindung diri Sefti sebagai mana mestinya , iapun akan menempatkan beberapa anggota Gibas untuk setiap hari memantau proyek pemasangan pipa PDAM Hinga sesuai Rab juga SOP nya tutup barnabas.

Dari pantauan awak media dan Aktifis Media dilokasi, serta anggota Gibas proyek pemasangan pipa, untuk material tidak ada seperti pasir atau sirtu, sebagai bahan menutup kembali galian pipa , menutup kembali pipa mengunakan material galian yang ada sehingga di hawatirkan struktur tanah akan turun di kemudian hari terang Barnabas.

Yang seharusnya dalam juklak juknis secara umum, pemasangan pipa PDAM di tabur pasir atau sirtu jadi kokoh dan kuat. Namun Fakta dilokasi proyek sangat miris dan berbeda dalam pengerjaannya.

Dilokasi proyek yang sedang berjalan, salah seorang pekerja yang enggan disebutkan namanya mengatakan, bahwa proyek pembangunan pipa saluran air itu pekerjaan dari PDAM Kabupaten Cirebon.

Dengan adanya uang negara alias uang rakyat yang dibangunkan semau gue, maka kami mohon kepada pihak Dinas PDAM Cirebon serta pengawas yang bertugas agar turun langsung sidak kelapangan, jika ditemukan pekerjaan yang tidak sesuai Sepac dan Bestec harap disangsi misal perpanjangan volume atau ditangguhkan uang anggarannya. (Team).

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published.