Jurnalis Media Siber Miliki Peran Penting Menyaring Informasi.

Bogor, — Sorot Tipikor //
Plt Bupati Bogor H. Iwan Setiawan mengatakan jurnalis media siber memiliki peran penting sebagai filter dan sebagai penyaring informasi yang beredar secara seksama (sebagai clearing house ) dengan menerapkan prinsip jurnalistik sebagaimana diamanatkan UU Pers. Melalui beragam produk jurnalis dan narasi akurat yang menerangkan dan mencerdaskan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Plt Bupati Bogor dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Dinas Kominfo Kabupaten Bogor, Iwan Setiwan ketika membuka Diklat Jurnalis Wartawan Media Siber di Gedung Tegar Beriman Cibinong, Sabtu, 13 Agustus 2022.

Diera digital saat ini masyarakat dapat mengakses segala bentuk informasi atau berita dengan sangat mudah dari berbagai sumber. Penyebaran informasi menjadi tidak terbendung, kecepatan dan kemudahan akses informasi seringkali tidak diimbangi dengan kredibilitas dan keabsahan informasi yang beredar, sehingga media massa konvensional sebagaimana arus utama tentunya tetap dibutuhkan untuk melawan post truth dan hoax.

Untuk itu, kata Iwan Setiawan saya sangat mendukung terselenggaranya Pendidikan dan Pelatihan Jurnalistik Wartawan Media Siber ini. Semoga setelah mengikuti Pelatihan ini para Jurnalis semakin trampil, professional, dan terpercaya sebagai kekuatan yang mendorong transformasi menuju masyarakat yang maju.

Sementara itu, Kordinator PWI wilayah II Jawa Barat HRM Danang Donoroso, S.IP sangat memberikan apresiasi kepada Sekber Wartawan Media Online yang menyeleggarakan pendidikan dan latihan bagi para wartawan media siber.

HRM Danang Donoroso yang juga Dewan Penasehat SMSI Bogor Raya itu berharap para Wartawan Media Online untuk mengikuti diklat ini dengan sebaik baiknya.

Ketua Umum Sekretariat Bersama Wartawan Media Online (Sekbet WMO) Drs H Bustanul Daham, M.Si melaporkan tercatat 106 orang peserta Diklat dari berbagai Media Online telah siap mengikuti pelatihan yang akan diberikan oleh para Nara sumber. Para wartawan menyatakan siap untuk menerima materi yang disiapkan oleh para narasumber.

Dalam Diklat Jurnalistik Wartawan Media Siber sehari tersebut telah dirancang 3 materi Diklat masing masing Peranan Media Siber sebagai Kekuatan Pers Nasional dengan narasumber Bambang Santoso, wartawan senior Rakyat Merdeka News.com yang juga Sekretaris SMSI Jakarta Pusat. Aplikasi UU No 40 tahun 1999 MK tentang Pers, Pengertian, Peranan dan Fungsi Pers dengan naranumber Dr. Tardip Panggabean S.Sos, SH, MH yang sehari harinya bertugas sebagai Seksi Advokasi PWI Jawa Barat. Materi latihan ketiga Kode Etik Jurnalistik dan Pedoman Pemberitaan Media Siber dengan narasumber HRM. Danang Donoroso, S.IP Korwil II PWI Jawa Barat.

Bambang Santoso sebagai Narasumber Peranan Media Siber sebagai kekuatan Pers Nasional antara lain mengemukakan, satu hal yang pasti adalah pentingnya kehadiran berita yang benar dan disinilah pers berperan memberikan edukasi kepada masyarakat melalui tulisannya. Keputusan Presiden pada 23 Januari 1985 menyebutkan bahwa Pers Nasional Indonesia mempunyai sejarah perjuangan dan peranan penting dalam melaksanakan pembangunan sebagai pengamalan Pancasila. Pengguna media sosial (medsos) terus meningkat pesat kondisi ini praktis memberikan efek luas dikehidupan bermasyarakat. Hal ini juga yang membuat keberadaan media mainstream sebagai penyalur informasi bisa tergerus eksistensinya, ujar Bambang.

Keberadaan medsos yang semakin menjamur harus diimbangi dengan wadah media informasi yang mampu memberikan informasi benar dan tak disangsikan kredibilitas serta inovatif. Kondisi demikian menjadi peluang bagi media siber untuk semakin tumbuh dan sangat diperlukan peran fungsinya dalam memenuhi kebutuhan informasi masyarakat. Sehingga terobosan yang dilakukan oleh pengurus dan anggota Sekretariat Bersama Wartawan Media Online (Sekber WMO) yang terus mengakomodir media media siber patut diberikan apresiasi, ujarnya.

Diklat Sehari Jurnalistik Media Siber ditutup oleh Ketua Umum Sekber WMO H. Bustanul Daham, dan diakhiri dengan Penyerahan Sertifikat kepada peserta oleh Ketua Korwil II PWI Jawa Barat HRM Danang Donoroso, S.IP.

Pewarta : E Murti.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *