Sekda Tanbu buka pertemuan Teknis Percepatan Pemetaan peremajaan Sawit Rakyat

Tanah bumbu,sorottipikor.com l

Bupati Tanah bumbu Abah H.Zairullah Azhar diwakili
Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, H Ambo Sakka membuka Pertemuan Teknis Percepatan dan Pemetaan Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) yang digelar Asosiasi Petani Kelapa Sawit.
Perusahaan Inti Rakyat (Aspek-PIR) Provinsi Kalimantan Selatan di Batulicin, Kamis (04/08/2022).

Pertemuan tersebut tidak hanya dihadiri anggota Aspek-PIR secara langsung, namun juga diikuti peserta lain secara daring melalui zoom meeting ” Sebutnya

“Saya mengapresiasi dan memberikan dukungan terselenggaranya kegiatan PSR, karena permasalahan perkebunan sawit perlu didiskusikan mengingat sangat penting dan strategis sebagai upaya percepatan pelaksanaan kegiatan peremajaan kelapa sawit, melalui pendanaan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit di Kabupaten Tanah Bumbu,” ungkap Bupati Tanah Bumbu HM. Zairullah Azhar dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekda Ambo Sakka.
Pemkab Tanbu, Kal-sel berharap kepada seluruh anggota untuk dapat mengikuti pertemuan dan Menyimak dengan baik guna mendapatkan penjelasan secara komprehensif dari narasumber, dalam rangka menjadikan sektor perkebunan kelapa sawit sebagai motor penggerak pembangunan di Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan selatan.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Petani Kelapa Sawit Perusahaan Inti Rakyat (Aspek-PIR) Provinsi Kalimantan Selatan, Jayadi mengatakan, potensi alam bidang sektor perkebunan di Tanah Bumbu apabila dikelola secara baik akan memberikan peluang usaha atau pekerjaan kelompok pertanian.

Menurutnya, program PSR harus memenuhi faktor legalitas lahan, apakah masuk indikasi lahan kawasan.

Program PSR itu juga untuk mewujudkan keberlangsungan perkebunan untuk kesejahteraan petani sawit dengan tujuan petani bisa mengganti varietas kelapa sawit dengan bibit unggul karena jika menggunakan bibit yang kurang bagus hasil perkebunan sawit rendah.

Perkebunan kita yang ada di Tanah Bumbu sangat besar berpotensi untuk mendukung lapangan pekerjaan, dan berharap agar Bupati Tanbu dapat mensupport, agar kendala-kendala dapat diatasi dan bisa memberikan solusi serta dapat membantu para petani agar berkelanjutan dari perkebunan sawit tersebut,” Sebutnya

Dalam kegiatan tersebut di hadiri kadis Pertanian dan ketahanan pangan Haji Hairuddin,Anggota TP2D Haji Abdul Kadir,Ketua harian DP Asoek-IPir Indonisia Juita yabdi ,serta para pengurus Asosiasi petani Kelapa Sawit dan perkebunan inti Rakyat juga ikut 13 kelompok tani sekebupaten Tanah bumbu Kalimantan selatan (Team A-5 )

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published.