Diduga Tanah Digunakan Secara Ilegal, Darmon Sipahutar Minta Bangunan Dibongkar.

Jakarta,– Sorot Tipikor //
Mendirikan bangunan di atas tanah tanpa hak merupakan pelanggaran hukum. Seperti halnya Albert Simamora dan Yuana Berliyantia, yang mendirikan bangunan rumah di atas tanah milik orang lain, dan tanpa izin dari orang yang berhak atas tanah tersebut.

Selain itu, pendirian bangunan tersebut tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dari Pemerintah Kota Jakarta Timur.

Hal itu diungkapkan Darmon Sipatuhar, SH., dalam keterangan tertulisnya yang diterima Wartawan, Rabu (13/07/22).

Menurut Darmon, sebenarnya, kliennyalah pemilik sah bidang tanah tersebut.

“Lokasinya dahulu dikenal dengan alamat Jalan Kp. Malaka Sari RT. 016/RW. 08, Kelurahan Malaka Sari, Kecamatan Duren Sawit-Jakarta Timur, dan saat ini dikenal dengan alamat Jalan Taman Malaka Utara VI, RT.012/RW.009, Kelurahan Malaka Sari, Kecamatan Duren Sawit-Jakarta,” paparnya.

Luas tanah tersebut, lanjutnya, kurang lebih 3002 dengan Persil Nomor 14a Blok SI Kohir C.601 yang dibeli dari ahli waris almarhum Asan bin Misin, berdasarkan Akta Jual Beli No.1.674, tanggal 31 Juli 2000.

“Aktanya dibuat di hadapan Pejabat Pembuat Akta Tanah H. Harjono Moekiran, S.H.,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Darmon, kliennya Purwono Saputro telah memiliki Izin Mendirikan Bangunan sebagaimana dalam Surat Keputusan Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan (P2B) Provinsi DKI Jakarta Nomor: 9398/IMB/e/2014,tanggal 18 Desember 2014 tentang Izin Mendirikan Bangunan (IMB)  di atas tanah di Taman Malaka Utara VI RT.016/RW.08, Kel. Malaka Sari, Kec. Duren Sawit, Jakarta Timur.

Mengacu pada Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor: 128 Tahun 2012 dan Peraturan Gubernur Provinsi DKI Nomor: 207 Tahun 2016, maka untuk penegakan hukum dan untuk menghindari kerugian yang semakin bertambah besar terhadap kliennya, Darmon mengajukan permohonan pada Kasudin Cipta Karya, Tata  Ruang dan Pertanahan Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Timur.

“Agar bangunan yang beralamat di Jalan Taman Malaka Utara VI, RT.012/RW. 009, Kel. Malaka Sari, Kec. Duren Sawit-Jakarta Timur tersebut bisa segera ditertibkan atau dibongkar, karena bangunan tersebut liar dan ilegal, juga telah melanggar Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta,” tegasnya.(Team).

 

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published.