Sambangi Warga Binaan, Bhabinkamtibmas Sosialisasikan Tentang Penyakit Mata dan Kuku (PMK) Hewan Ternak

Takalar—Sorottipikor.com Merespon perkembangan situasi Nasional mengenai penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan, Polsek Polsel Polres Takalar melakukan beberapa upaya pemantauan dan pencegahan dengan cara mensosialisasikan penyakit PMK tersebut kepada peternak yang berada di Kecamatan Polsel Kabupaten Takalar. Jum’at, 27/05/2022.

Kegiatan sosialisasi Polsek Polsel Polres Takalar dilakukan dengan tujuan mengantisipasi kebutuhan hewan kurban dalam rangka menghadapi Hari Raya Idul Adha 1443 H dimana hewan qurban jangan sampai diperjualbelikan dalam kondisi sakit atau tidak sehat.

Bhabinkamtibmas dalam hal ini sangat di kedepankan untuk melakukan pengecekan hewan ternak di Desa Binaannya, kepada peternak diharapkan menyampaikan sosialisasi dengan himbauan bahwa Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) tidak menular kepada manusia, diharapkan masyarakat tetap tenang dan tidak panik dan tidak menjual hewan apabila tertular PMK, apabila mengetahui hewan ternak yang tertular PMK dan adanya kematian hewan yang tidak biasa agar segera menghubungi Petugas Kesehatan Hewan (Puskeswan) atau Bhabinkamtibmas maupun Polisi terdekat, dan menyampaikan kepada warga Masyarakat untuk tetap menjaga populasi hewan ternak, guna menuju Swasembada daging diharapkan kepada warga masyarakat tidak memotong hewan betina yang produktif.

Sementara itu Kapolsek Polsel Polres Takalar AKP Tjandra Arista mengatakan bahwa, sampai hari ini belum ada ditemukan hewan ternak yang mengalami penyakit PMK khususnya di Kecamatan Polsel Kabupaten Takalar, namun kami utamanya Polsek Polsel akan terus memantau dan melakukan sosialisasi ke desa-desa di wilayah hukum Polsek Polsel.

“Alhamdulillah sampai saat ini di Kecamatan Polsel Kabupaten Takalar belum di temukan hewan yang menderita Penyakit Mulut Dan Kuku (PMK) termasuk hewan ternak yang dipersiapkan untuk jelang Idul Adha 1443 H” Tutup Kapolsek.

Muz.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published.