Rotasi Sekdes Sukamanah Diduga
Sangat Dipaksakan.

Lebak – sorottipikor com l
Beredarnya surat permohonan Rotasi Sekdes yang di sampaikan kepada Camat Rangkasbitung dan tembusan kepada BPD,hal ini di duga tidak obyektif sehingga terkesan terlalu buru, dan dugaan ada muatan politis ramai di perbincangkan di kalangan masyarakat bahkan sampai berita ini di tayangkan BPD belum menerima surat tembusan dan belum memberikan rekomendasi untuk restorasi Sekdes sukamanah.

Suhandi.S.pd.,Ketua BPD Desa Sukamanah Kecamatan Rangkasbitung Kabupaten Lebak menyarankan agar kepala desa terpilih tidak sembarang mengganti perangkat desa tanpa didasari aturan. “Ada aturan-aturan yang mendasari terkait pergantian perangkat desa. Jadi tidak bisa semena-mena, misal janji politik ke masyarakat,” Ucap nya

Sebab, kata dia, untuk memberhentikan perangkat desa, harus memenuhi unsur sebagai mana yang tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 67 tahun 2017 tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa. Berdasarkan pasal 5 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 67 tahun 2017 tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa, perangkat desa itu bisa diberhentikan apabila yang bersangkutan meninggal dunia, berhenti sendiri (mengundurkan diri), atau diberhentikan. “Sekarang, untuk memberhentikan perangkat desa ini tidak mudah seperti pada saat masih jabatan periodisasi. Kades memang boleh menghentikan perangkat desanya, tapi tidak boleh sembarangan karena harus sesuai dengan ketentuan pasal 5 Permendagri Nomor 67 tahun 2017,” katanyanya.

Suhandi menyarankan agar kades sukamanah hendaknya bisa mengarahkan perangkat desanya dengan menunjukan kerjanya agar antara kades dan perangkat bisa sinkron dalam menjalankan pemerintahan.

Sementara itu Camat Rangkakas saat dimintai keterangan melalui WhatsApp disaat lagi libur panjang hanya menjawab kekantor aja ungkapnya.

“Padahal surat rekomendasi yang di usulkan oleh kepala Desa Sukamanah kepada Camat di resfon oleh Camat Rangkasbitung dan dibuat surat rekomendasi camat atas dasar surat dari Kepala Desa,dalam isi surat tersebut salah tertulis desa Pabuaran bukan desa Sukamanah.”

Diki Wahyudi menjabat sebagai Sekdes Sukamanah bukan pabuaran saat di kompirmasi oleh awak media ditempat terpisah, namun saya tidak tau menau soal surat rekomendasi rotasi sekdes oleh kepala desa sebelumnya,yang di usulkan kepala desa kepada camat Rangkasbitung hal ini di ungkapkan oleh Sekdes.

Masih kata Diki Wahyudi saya sangat heran ketika mendapatkan surat ROTSI ,apa kesalahan saya, dan apa kekurangan saya, mestinya kepala desa memberikan teguran atau musawarah sesuai aturan undang undang yang berlaku.” Tutupnya.

Pewarta : Hudri.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published.