Herman Deru Masuk Katagori Gubernur Terkaya Namun Sumsel Masuk Provinsi Termiskin, Aktivis Ini Berikan Komentar ?

Jakarta, – sorottipikor.com l
Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru dianggap tidak bisa mengatasi kemiskinan. Sebaliknya, sumber kekayaan Herman Deru sendiri bertambah. Kekayaan Herman Deru ini datang dari beragam sumber.

Aktivis pergerakan dan demokrasi, Harda Belly menilai, SDA yang berada di Sumsel sebenarnya bisa mengurangi atau bahkan mengentaskan kemiskinan masyarakat Sumsel.

“Tapi fakta di lapangan masih banyak masyarakat yang miskin. Ini sangat disayangkan. Gubernur Sumsel ngapain saja kok tidak bisa mengatasi kemiskinan itu,” ujar Harda dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (7/5/2022).

Menurut Harda, kenapa kekayaan Herman Deru pribadi bisa bertambah dan masyarakat miskin di Sumsel tidak bisa diatasi. Mestinya, menurut Harda, Herman Deru memprioritaskan kepentingan masyarakat dibanding kepentingan pribadi.

“Aset pribadi dengan Aset Provinsi memang berbeda akan tetapi yang membuat ini menjadi perhatian karena Herman Deru ini menjabat selaku Gubernur, dan Sumatera Selatan ketika dipimpin Herman Deru tahun 2020 dapat ranking 10 provinsi termiskin dan tahun 2021 kembali masuk peringkat 9 provinsi termiskin sedangkan Gubernurnya masuk daftar Gubernur terkaya se-Indonesia,” papar Harda.

Harda kemudian menyampaikan keprihatinannya atas kemiskinan yang berada di Sumsel. Sebab, SDA Sumsel cukup melimpah dan dianggap bisa mengatasi kemiskinan di Sumsel jika saja Herman Deru memprioritaskan kepentingan masyarakat.

“Lumbung perekonomian Sumatera Selatan itu sangat banyak dan berbagai macam, lebih banyak dari lumbung ekonomi yang dimiliki oleh Herman Deru secara pribadi, lantas mengapa dia mampu membuat dirinya menjadi kaya tetapi tidak mampu membuat provinsi Sumsel yang dipimpinnya menjadi provinsi terkaya ? Jadi kami mempertanyakan kepemimpinan Herman Deru ini,” ucapnya.

Harda kemudian menjabarkan SDA Sumsel. Misalnya, minyak bumi, gas bumi, batubara, panas bumi, perkebunana kelapa sawit dan lain sebagainya. SDA yang melimpah tersebut sebenarnya bisa menjadi modal dasar mewujudkan Sumsel menjadi provinsi terkaya dan kesejahteraan bagi masyarakat Sumsel .

“Hati-hati saja tidak semua perbuatan bisa dimanipulasi dan tidak semua orang bisa diajak kompromi, karena hari ini sangat banyak pemuda yang sudah sadar akan kewajibannya dan sudah banyak masyarakat yang sudah paham akan haknya,” pungkas Harda

Untuk diketahui, Sumsel menjadi provinsi termiskin nomor 9 dengan presentasi jumlah kemiskinan mencapai 12,79 persen. Hal ini berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPD) per Maret-September 2021 Yang dirilis media OkeZone Beberapa hari lalu .

Sedangkan harta kekayaan Herman Deru mencapai Rp38,2 miliar pada laporan tahun 2020. Aset kekayaan dia ini mengalami peningkatan 2,12% dari 2019. Ini berdasarkan dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) periode 2020.(Team).

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published.