Kemenag Tanbu Melakukan Penyerahan Dana UPZ kepada BAZNAS

Tanah Bumbu,Sorottipikor.com l
Penyelenggara Zakat dan Wakaf ( Gara Zawa) sekaligus Ketua Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupatem Tanah Bumbu H. Abdul Hamid, S.Ag, MM melakukan penyerahan dana UPZ kepada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Tanah Bumbu, Senin (25/04/22).

Dikesempatan tersebut H. Hamid mengatakan bahwa dana yang dihimpun UPZ yaitu berjumlah Rp 50.623.031 berdasarkan Pasal 35 Peraturan BAZNAS Nomor 2 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Tata Kerja UPZ, sebanyak 70% dari totalnya akan dikembalikan pada UPZ untuk dikelola sendiri dan disalurkan ke dalam beberapa bentuk bantuan.

“Salah satu bentuknya yaitu 300 paket sembako yang akan dibagikan melalui UPZ serta seluruh jajaran Kemenag Tanah Bumbu kepada para mustahiq yang memerlukan,” terang H. Hamid.

Dana yang telah terhimpun tersebut dikatakan juga oleh H. Hamid bersumber dari Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) dari anggota UPZ Kemenag Tanah Bumbu periode April 2021 hingga April 2022.

“Alhamdulillah. Setelah dikumpulkan dalam kurun waktu satu tahun ini akhirnya terkumpul dan disalurkan dalam bentuk bantuan yang mudah-mudahan membawa manfaat bagi semua,” ucapnya.

Ketua BAZNAS Kabupaten Tanah Bumbu Anhar menyampaikan bahwa pihak BAZNAS Kabupaten Tanah Bumbu akan menyalurkan langsung 30% dari total dana tersebut kepada berbagai bidang dan kelompok masyarakat yang membutuhkan.

“Melalui pengelolaan dan pemanfaatan zakat yang tepat sasaran bagi yang membutuhkan maka dapat mendukung terwujudnya kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya.

Adapun pihak UPZ Kemenag Tanah Bumbu maupun BAZNAS bersama-sama berkomitmen agar pengumpulan hingga penyaluran dana zakat dilakukan secara terbuka dan transparan sehingga masyarakat akan mengetahui secara jelas setiap penerimaan maupun pengeluaran dari dsna zakat tersebur (team)

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published.