Bupati Purwakarta Gelar Pasukan Operasi Kupat Lodaya 2022.

PURWAKARTA, – Sorottipikor.com l
Kepolisian Resor (Polres) Purwakarta menggelar apel gelar pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2022 dalam rangka kesiapan pengamanan menjelang dan pasca Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, di Lapangan Patria Tama, Mapolres Purwakarta, pada Jumat, 22 April 2022.

Apel yang dipimpin langsung oleh Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika dan didampingi Kapolres Purwakarta, AKBP Suhardi Hery Haryanto serta Dandim 0619/Purwakarta, Letkol Arm Krisrantau Hermawan.

Dalam kesempatan ini, Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika membacakan sambutan Kapolri, Jendral Pol Listiyo Sigit Prabowo.

Wanita yang akrab disapa Ambu Anne itu mengatakan seluruh personil keamanan yang disiapkan diharapkan bisa memberikan rasa aman masyarakat selama menjelang Hari Raya Idul Fitri dan setelahnya. 

“Untuk menjamin masyarakat akan dan sehat saat melaksanakan hari lebaran. Kemudian memberikan rasa aman dalam kekhusyukan dalam beribadah,” ucap Ambu Anne, usai memimpin apel gelar pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2022.

Ia menyebut, perayaan Hari Raya Idulfitri, sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat Indonesia untuk melaksanakan ibadah, berkumpul dan bersilaturahmi dengan keluarga serta sahabat.

“Tahun ini pemerintah memberikan kelonggaran kepada masyarakat untuk dapat merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga. Kegiatan mudik tidak dilarang dan tidak dilakukan penyekatan di jalur-jalur lintasan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik,” jelas Ambu Anne.

Berbeda dengan tahun lalu, lanjut dia,  saat ini emerintah Pusat soal adanya libur bersama saat hari lebaran. Untuk itu, personil keamanan juga disiagakan untuk menjaga dan berpatroli. 

Meski begitu, kata Ambu Anne, tugas untuk mengurai kepadatan dan mentaati protokol kesehatan tetap di tegakkan dimana pun berada. 

“Pandemi Covid-19 belum usai jadi tetap waspada dan siap siaga mengingatkan masyarakat untuk tetap prokes,” ungkap Ambu Anne.

Ditempat yang sama, Kapolres Purwakarta, AKBP Suhardi Hery Haryanto mengatakan, Operasi Ketupat Lodaya 2022 ini untuk memastikan rasa aman dan ketertiban menjelang hari besar dan mengamankan arus mudik 2022.

“Semua di siap siagakan sejak dini. Mengurai kepadatan pemudik baik di jalur tol maupun jalur arteri. Untuk pengamanan ada 42 titik posko yang didirikan, di mana termasuk pos Utama, Pos terpadu, pos keamanan (pospam), pos pelayanan (posyan), Pos Pengaturan (Posgatur) dan pos wisata,” tutur Hery sapaan akrab Kapolres Purwakarta itu

Ia menyebut, 42 pos tersebut berada di seluruh wilayah hukum Polres Purwakarta, baik itu Polsek-polsek maupun Rest Area di Jalan Tol.

“Insyaallah di Kabupaten Purwakarta kita ada 42 Pos untuk melaksanakan operasi Ketupat Lodaya, yang dilakukan gabungan dari Polres Purwakarta, TNI, Pemkab Purwakarta, dan seluruh unsur lainnya,” jelasnya.

Pos tersebut, Kata Kapolres, digunakan petugas untuk mengatur lalu lintas selama masa mudik Lebaran 2022, dan diharapkan semua berjalan dengan lancar.

“Tentunya ini ada upaya upaya yang dilakukan tentu melihat potensi potensi kerawanan, potensi potensi keamanan. Keamanan misalnya termasuk kelancaran lalu lintas juga keamanan kemanan kejahatan konvensional itu sudah diantisipasi,” tutur AKBP Suhardi Hery Haryanto

Pewarta : Dadan,s.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published.