Peringatan Hari jadi Kabupaten Tanah Bumbu Ke-19 Digelar Dengan Sederhana

Tanah Bumbu,Sorottipikor.com l
Hari Jadi kabupaten Tanah Bumbu yang ke 19, yang jatuh pada tanggal 8 April 2022 bertepatan dengan Bulan Suci Romadan, digelar secara sederhana dengan nuansa riligius.

Kegiatan di gelar dihalaman Kantor Bupati Tanbu Jl Dharma Praja Gunung Tinggi, 08/04/2022)sore. kegiatan dirangkai dengan berbuka puasa dan Sholat berjamaah.

Turut hadiri dalam acara bersejararah tersebut Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Ir. Roy Rizali Anwar ST.MT, Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar, Wakil Bupati Tanah Bumbu M. Rusli, DPRD Tanbu, Pimpinan Forkopimda, Sekretaris Daerah H. Ambo Sakka, sekretaris Daerah Kotabaru ,Sayyid Ahmad Al Idrus ,Dandim Tanbu 1022 H.Rahmat Trianto ,Kepala SKPD, kadis PUPR Subhansyah ST.MT ,staf khusus Ustad Hamjah , para alim Ulama dan Habaib, Camat, Lurah, Kepala Desa serta para undangan.

Peringatan Hari Jadi ke 19 Kabupaten Tanah Bumbu kali ini berbeda dengan pada peringatan tahun- tahun sebelumnya yang digelar dengan sangat meriah, peringatan kali ini dilaksanakan dengan sederhana berbagai rangkaian kegiatan yang diadakan oleh SKPD dilingkup Pemkab Tanbu,
peringatan Hari Jadi yang digelar ini juga sangat lekat dengan nuansa religi,dimana dilaksanakan pada waktu sore hari menjelang waktu berbuka puasa dengan diwarnai para undangan yang menggunakan pakaian berwarna putih dengan hakikat suci dan bersih dan sejahtra .

Dalam sambutannya Bupati Tanah Bumbu Abah Zairullah Azhar menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua hadirin yang berhadir dan rasa syukur kepada Allah swt ,sehingga Kabupaten Tanah Bumbu dapat menginjakkan usianya yang ke-19 tahun.

“Hari ini menjadi hari yang bersejarah bagi Tanah Bumbu. Tidak terasa 19 tahun sudah Tanah Bumbu ini lahir sebagai Kabupaten yang menjadi wadah dan tempat kita beraktivitas sekaligus berjuang membangun kehidupan masyarakat,” ucap Abah HM Zairullah Azhar

Dikatakan Bupati Tanbu, 19 tahun bukanlah usia yang muda juga bukanlah usia yang tua. Namun pengalaman dan dinamika yang terjadi di dalamnya, yang dihadirkan oleh para Habaib, tokoh masyarakat dan ulama membuat Tanah Bumbu lekat dengan komitmen perjuangan dan Doa bersama.

Sangat sesuai dengan tema yang diangkat yakni “Mewujudkan Tanah Bumbu Menjadi Serambi Madinah dengan Mewujudkan Sumber Daya Manusia yang Produktif Cinta Qur’an dan Berakhlak Mulia.

Abah HM. Zairullah sangat berharap pada momen Hari Jadi ini dapat dimanfaatkan guna kembali menekankan dan menanamkan semangat juang menjadikan Tanah Bumbu Sebagai Serambi Madinah yang penuh keberkahan.

“Yang pada akhirnya kita ingin Tanah Bumbu dapat terus berjuang agar berhasil meraih keberhasilan yang lebih baik lagi

“Abah HM .Zairullah Azhar juga menyampaikan kabar gembira dimana dalam waktu dekat tim verifikasi dari pusat akan segera bertolak ke Tanah Bumbu yang dimana hal ini menjadi pertanda baik dan pendorong dalam rangka mewujudkan pembangungan Bendungan Kusan yang terus dirinya perjuangkan.

Keberadaan Bendungan Kusan ini juga diharapkan dapat mendongkrak perekonomian masyarakat di Bumi Bersujud sekaligus menjadikan Tanah Bumbu sebagai penyangga Ibu Kota Negara yang baru dengan pasokan listrik yang dihasilkan dari PLTA yang akan dibangun.

Diakhir sambutannya dengan berlinang air mata HM. Zairullah Azhar, kemudian mengajak para hadirin untuk membaca Shalawat dan Istikfar serta Doa Bersama demi kelangsungan dan masa depan Kabupaten Tanah Bumbu agar mendapat Taufik hidayah dan barokah dari Allah swt.

Wakil Ketua DPRD Tanah Bumbu Sayid Ismai Al Idrus yang membacakan sejarah berdirinya Kabupaten Tanah bumbu sempat terhenti,pasalnya saat menyebut satu persatu nama tokoh-tokoh pemekaran Kabupaten Tanah Bumbu,ketika menyebut nama tokoh Said Agil Al Idrus (Alm),Said Ismail Al idrus tak mampu membendung air matanya, beliau adalah paman saya sendiri”ujar Said Ismail Al Idrus disambut dengan tepuk tangan yang meriah.
dengan mengenang perjuangan dari para tim yang berjasa hingga tegak dan berdirinya Kabupaten yang yang tercinta ini, mereka dengan segala keterbatasan dana namun dengan bermodal keyakinan dan tekat kuat yang diprakarsai Abah HM.Zairullah Azhar ,berdirilah Kabupaten Tanah Bumbu sebagai anugrah Allah Swt”pungkasnya.

Pada kegiatan itu juga dirangkai dengan penampilan tarian dari santri Istana Anak Yatim, ceramah agama dari Ketua MUI Tanbu, penyerahan bantuan dana hibah dari Pemerintah Daerah serta Buka Puasa bersama dan Shalat Magrib Berjamaah. (Team )

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published.