HUT Ke 19 Kabupaten Tanah Bumbu Lomba Balogo,Bagasing

Tanah Bumbu,Sorottipikor.com l – HUT Kabupaten Tanah Bumbu ke 19. Kali ini, Wakil Bupati Tanah Bumbu, H. Muh Rusli, membuka lomba Balogo dan Kerasi Barang Bekas, di halaman Kantor Dinas Pariwisata Pemuda & Olahraga, rabu (30/03/22).
Dalam Ivent Lomba Balogo ini, selain lomba bagasing serta kreasi barang bekas, juga digelar lomba Bakiak, lomba lari karung dan terbuka untuk umum.

Wabup Muh. Rusli dalam sambutannya menyebutkan lomba ini di dalamnya menyertakan kreasi barang bekas yang sejatinya turut memanfaatkan hasil limbah sehingga bisa produktif dan bernilai.

“Secara langsung kita turut mendukung pemerintah untuk meminimalisir pencemaran lingkungan”, kata Wabup.

Dia juga turut mengapresiasi lomba balogo antar SKPD maupun masyarakat umum dalam rangka memeriahkan HUT Tanah Bumbu ke19.

Wabup Muh Rusli memaparkan lagi, sebagai usaha untuk pelestarian nilai budaya melalui olah raga dan permainan tradisional, juga perlu diperkenalkan kepada generasi muda. Sehingga, mereka dapat mengetahui dan menghargai nilai nilai luhur dari budaya masa lalu yang memang sangat perlu dilestarikan keberadaannya.

“Melalui pelaksanaan ini, mari jadikan momentum bagi kita semua guna terus mengembangkan kreasi budaya kita, hingga menjadi inspirasi bagi masyarakat dalam pengelolaan limbah atau daur ulang barang bekas menjadi barang yang memberi manfaat”, tutupnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga Dan Budaya Kabupaten Tanah Bumbu, Hamaludin Taher, dalam laporan kegiatan tersebut mengatakan, “melalui lomba Balogo, sejatinya kita akan mengembalikan atau pun melestarikan budaya-budaya olahraga yang sempat dilakoni para pendahulu kita”, pungkasnya(team)

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *