Dinas Pertanian Kabupaten Cianjur Bersama TNI Polri Dan Pasantren Laksanakan Program Penanaman Padi Jenis IP 400

Cianjur, – sorottipikor.com I Bertempat di Kampung Babakan sirnagalih Rt. 003/002 Desa Benjot Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur Dinas Pertanian Kabupaten Cianjur bersama TNI-Polri melaksanakan program penanaman padi jenis IP400 di lahan sawah milik Yayasan  Rumah Tahfids Baitul Quran AL Karim seluas 5 HA.

Kegiatan tersebut di hadiri oleh, Pimpinan Yayasan, KH. Amin Karim, Ketua Poktan Mustika Desa Benjot, H Apendi, Danramil Cugenang Kapten Yayan Ruhiyat, Babinsa, Sertu Dadang S, Bhabinkamtibmas Bripka Azmal H beserta anggota, Koordinator Penyuluahan Pertanian Kabupaten Cianjur Ayi Setiawan dan Cahya Hancuran, Kepala UPTD Warungkondang, Dedi Sumiaji, Sp, PPL Cugenang sebanyak 7 orang dan Siswa PKL SMK 1 Cugenang sebanyak 3 orang, Selasa (14/9/2021).

Dinas Petanian Kabupaten Cianjur  Ayi Setiawan menerangkan, Alhamdulillah pada kesempatan ini kita bisa sama-sama melaksanakan tanam serempak pada kegiatan program penanaman padi IP 400, disini harapannya kita mampu meningkatkan indek pertanaman IP 400 itu sendiri, artinya kita berusaha dalam 1 tahun itu dari tiga kali menjadi empat kali hingga di manakan IP 400.

Kemudian teknolagi ini kita tunjangi menggunakan paretas unggul yaitu  padi yang di tanamkan  adalah paretas sidenok,sidenok itu sendiri adalah paretas dari balai penelitian tanaman pangan  yang sudah dirilis di tahun 2001

Dengan potensi 9,1 ha mudah mudahan bisa tercapai meskinpun rata rata 7 sampai 8 ton dengan di tunjang pupuk yang cukup.

“Harapan dinas pertanian mudah mudahan dengan diterapkan IP 400 ini kita dapat menambah indek pertanaman di harapkan juga tidak hanya sebagai demplot ini mudah mudahan bisa disebarkan kepada petani petani lain dengan menggunakan paretas paretas yang mendukung IP 400 ini sehingga walaupun peralihan fungsi lahan di cianjur dapat terus meningkat itu harapan kita, dinas pertanian dapat membantu meningkatkan kesejahteraan petani padi,” harap Ayi Setiawan.

Danramil 05 Cugenang Kapten Yayat Ruhiat menerangian saya selaku danramil 05 cugenang  Alhamdulillah ini dengan adanya demplot pertanian yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Cianjur  tepatnya di KH Amin Karim pondok pesantren, saya sangat bangga dan sangat bahagia tidak ada orang yang mau untuk dibuatkan demplot di tanahnya beliau 

Saya selaku TNI dengan mensprot kegiatan ini, kenapa ini adalah salah satu pembelajaran dan agar di wilayah khususnya Kecamatan Cugenang umumnya Cianjur untuk pertanian ini memang harus di perdayakan di wilayah kita ini sudah sangat  berkurang tanah untuk pertanian di karenakan  lahan yang produktif sudah tergerus oleh perumahan dan industri

“Kerjasama kita antara TNI Polri pertanian, pondok pesantren yang dipimpin oleh kyai Haji Amin ini sangat sangat bagus,saya selaku Koramil 05 Cugenang merasa sangat bangga dengan adanya kegiatan ini.

Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini antara TNI Polri dan pertanian serta pondok pesantren lebih maju lebih sinergitas lagi dengan semua pihak kelompok petani (poktan) Desa Benjot, ayo sama-sama kita untuk mensukseskan tanaman padi jenis IP 400 di wilayah Desa Benjot Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur,” terang Danramil 05 Cugenang.

Pimpinan Yayasan Rumah Tahfids Baitul Quran AL Karim KH.Amin Karim menyatakan, alhamdulillah hari ini kami sebagai tuan rumah sekaligus petani berterima kasih  tanah kami dipakai untuk di jadikan program percontohan penanaman padi jenis IP 400 dengan luas tanah 2 Ha, harapannya semoga hasilnya maksimal membantu program pemerintah kalau Pak tani Jaya  negara pun kuat itulah harapan kami.

“Kami mendukung program pertanian untuk tanam padi jenis IP 400 untuk  meningkatkan produksi karena Cianjur dihawatirkan 2024 mines, dengan menanam padi IP 400 Semoga apa yang dihwatirkan tidak terjadi 

Maka yang diharapkan panen lebih meningkat, lebih baik hasilnya harapan kami semoga kerjasama dari pertanian dari aparat TNI Polri dan para petani akan ada keberkahan yang diberikan oleh Allah subhanahu wa ta’ala itu harapan Kami,” pungkas KH Amin. (Arif)

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published.