Mengenal Lebih Dekat Sosok Bhabinkamtibmas Juara Satu Tingkat Polda Sulsel.

Bone Sulsel,– sorottipikor.com l
Salah satu Bhabinkamtibmas di Polres Bone dan kini ditugaskan sebagai bhabinkamtibmas Desa Ulaweng Riaja dan Desa Waemputtange Kecamatan Amali, Bhabinkamtibmas yang dikenal sangat dekat dengan warga binaannya. Rasa kasih sayangnya diperlihatkan pada setiap saat berbaur dengan masyarakat dalam segala moment.

Brigadir Polisi Andi Parakkasi merupakan lululusan Bintara Polri Tahun 2011 di Pusdik Gasum Porong Surabaya atau yang dikenal dengan angkatan 35, Polisi yang juga aktif sebagai tim medsos Polsek Amali dan tak kalah menarik lagi dari keseharian pak Acci (nama panggilan) juga aktif menulis artikel tentang kegiatan kepolisian dengan masyarakat, maka tidak heran kalau karya tulisan tangannya banyak masuk di media online.

Ketekunan dan kedisiplin ayah dua anak ini sudah beberapa kali mendapat penghargaan selama menjadi anggota Polri, mulai pada saat melaksanakan tugas di Polres Jeneponto dengan dua penghargaan dari Kapolres Jeneponto, dan pada tahun 2014 putra kelahiran Bone 23 Juli 1992 ini pindah tugas ke Polres Bone dan bergabung di Patmor Satsabhara, kemudian pada tahun 2016 diberi tugas dan tanggungjawab sebagai Bhabinkamtibmas Polsek Amali.

Sebagai anggota Polri yang penuh dedikasi dalam mengabdikan diri kepada bangsanya dan menempatkan dirinya sebagai pelayan langsung masyarakat di wilayah tugasnya perbatasan Bone Soppeng, Acci kembali mendapat penghargaan sebanyak empat kali dari Kapolres Bone pada waktu dan penilaian kinerja berbeda, dan masing-masing satu kali mendapat penghargaan dari Kepala Desa Waemputtange dan Camat Amali Kabupaten Bone.

Pada tahun 2021, suami Andi Sri Muliati Bate kembali mendapat penghargaan dari Kapolda Sulawesi Selatan Irjen. Pol. Drs. H. Merdisyam, M.Si. sebagai juara satu lomba Bhabinkamtibmas tingkat Polda Sulsel, dan penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kapolda Sulsel pada puncak Hari Bhayangkara Ke-75. 1 Juli 2021 di Aula Mapolda Sulsel.

Lepas dari tugas dan fungsinya sebagai pelayan masyarakat, Acci memang dinilai sebagai anggota yang humanis dan baik hati dengan siapapun, hal ini disampaikan oleh atasannya sendiri Iptu Haji Ansar Kapolsek Amali

“pak Acci termasuk personel Polri yang ramah dan disiplin dalam tugas, loyal pada masyarakat, mempunyai nilai sosial sangat tinggi, sopan dalam bersikap serta memiliki kinerja yang baik dan alhamdulillah selama saya jadi Kapolsek tidak pernah saya lihat mengeluh setiap tugas yang kami berikan, dan tentunya saya bangga atas kinerja ini” jelas H.Ansar

Terus bagaimana komentar Brigadir Polisi Andi Parakkasi sebagai parajurit Bhayangkara yang telah bertugas selama lima tahun jadi Bhabinkamtibmas? tabe’ ini komentarnya di bawah ini.

“dalam proses perjalanan saya sejauh ini, saya telah belajar banyak hal, bagi saya Polisi bukan hanya sekedar profesi, lebih dari itu menjadi seorang Polisi adalah sebuah kebanggaan, sebuah kehormatan tak ternilai. Institusi ini adalah rumah bagi saya untuk terus menyebarluaskan kebermanfaatan kepada masyarakat,” tutur Accy

Lanjut ayah Andi Muhammad Alby P. dan Andi Hanif Suhail P. “pengalaman sebagai Bhabinkamtibmas semakin meyakinkan saya, bahwa masyarakat sejatinya adalah keluarga kami, keluarga kepolisian,” tutup Accy

Seperti apa inovasi pak Bhabin ini di wilayah tugasnya? Diantara sekian inovasi yang ada adalah pemberian wakaf al Qur’an untuk anak usia dini, rumah baca dalam rangka pemberanrasan buta aksara, kebung keluarga dan apotek hidup dengan memanfaatkan halaman rumah warga.

Reporter.Syam86.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published.