Akibat  Cuaca  Extrim dan Hujan Es Dua Desa kecamatan  Pasirkuda Cianjur Selatan Terisolir.

Cianjur, – Sorottipikor.com l 
Hujan deras disertai angin kencang di wilayah Desa Padamulya dan Girijaya, Kecamatan Pasirkuda, Cianjur selatan, gegerkan warga. Lantaran disaat yang bersamaan di wilayah tersebut dihujani es dan angin puting beliung. Kejadian diperkirakan sekira pukul 15.00 WIB, Senin (18/01/2022).

Akibat kejadian itu akses jalan Rawagetok yang melintasi dua desa tersebut  terisolir, karena berbagai ukuran ratusan pohon pinus tumbang. Selain itu ada juga informasi banyaknya genting rumah warga yang rusak lantaran dihujani es sebesar kelereng, serta dikabarkan adanya lahan pesawahan tertimbun longsor.

Adapun upaya yang dilakukan saat ini oleh Retana, pemerintah desa masing-masing dibantu masyarakat setempat adalah melakukan pendataan korban dan mengevakuasi dengan alat seadanya. Untuk total kerugian masih belum diketahui, sebab dari titik satu ketitik lainnya bermedan cukup sulit di jangkau.

Dalam laporannya yang beredar di aplikasi whatsapp, Camat Pasurkuda Irvan Rustandi menyampaikan, prihal laporan bencana yang terjadi sekira pukul 14.00 WIB – 15.00 WIB pada hari Senin (18/01). Benar telah terjadi angin puting beliung disertai hujan es di Desa Padamulya dan Girijaya, Kec.pasirkuda.

Kerusakan yang ditimbulkan berdasarkan data sementara :
a. Akses jalan Rawagetok yang melintasi Desa Padamulya dan Girijaya  terisolir karena ratusan pohon pinus tumbang.
b. Rumah warga yang terkena pohon tumbang (masih pendataan)
c. Pagar di lapangan dan ruangan SMPN 2 rusak
c. Listrik mati total karena banyak jaringan tertimpa pohon tumbang.
d. Korban jiwa : Nihil
e. Memerlukan alat berat untuk penanganan pohon tumbang
f. Penanganan sementara dilakukan oleh Retana,bpemerintah desa dan masyarakat hanya saja terkendala situasi karena hari sudah gelap.

Apabila ada perkembangan lebih lanjut di lapangan, pihaknya akan segera memberikan laporan kembali.

Repoter  :  Arif.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published.